MENYUSUN PRAKTIK BAIK (BEST PRACTICE)
"IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN FOKUS BELAJAR PESERTA DIDIK"
https://youtu.be/RAfw-fJ35tc?si=aIzT4nL-w0CCHb6p
I. Pendahuluan
Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 menjelaskan bahwa manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya, karena pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan atau cara lain, yang dikenal dan diakui oleh masyarakat (Hidayat dkk, 2018 dalam Syaripudin dkk, 2023). Peran guru di dalam setiap kegiatan pembelajaran di sekolah sangatlah penting. Guru bertanggungjawab atas suksesnya setiap kegiatan pembelajaran yang direncanakan. Guru yang tidak optimal di dalam mempersiapkan desain pembelajaran akan menghasilkan kegiatan pembelajaran yang tidak optimal (Syaripudin dkk, 2023).
Selain hal tersebut minat belajar merupakan hal paling penting bagi proses keberhasilan belajar peserta didik, dalam menstimulus peserta didik untuk mencapai prestasi belajar yang diharapkan, minat belajar akan menentukan keberhasilan peserta didik dalam belajar. Melihat pentingnya minat belajar diperlukan media yang relevan sebagai pendukung dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Permasalahan yang sering saya jumpai diantaranya adalah rendahnya minat dan fokus peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil kajian literatur berupa artikel dan buku serta hasil wawancara melalui pakar pendidikan, kepala sekolah, guru dan pihak lain yang terkait. Terdapat beberapa faktor penyebab persoalan tersebut. Diantaranya yaitu materi dan sikap guru pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru masih kesulitan dalam menentukan model dan media pembelajaran yang inovatif dan tepat untuk digunakan dalam pembelajaran, kemampuan guru dalam mengintegrasikan perkembangan teknologi informasi. Jika faktor tersebut sudah terpenuhi maka minat belajar peserta didik pun dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Maka dari itu peneliti melihat betapa pentingnya minat dan fokus belajar bagi peserta didik maka diperlukan model dan media pembelajaran yang tepat.
Dalam menjawab permasalahan diatas maka perlu diterapkan metode dan media yang tepat dalam pembelajaran ekonomi. Yaitu menerapkan model pembelajaran Project Based Learning yang terintegrasi dengan teknologi informasi khususnya media canva. Selain menggunakan media pembelajaran, model pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi proses pembelajaran sehingga pembelajaran efektif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran pembelajaran yang menyenangkan adalah Project Based Learning karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar kekurangan (Suciani dkk, 2018 dalam Nikmah dkk, 2023).
Canva merupakan salah satu web dan aplikasi untuk media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik. Aplikasi Canva adalah salah satu pendukung proses pembuatan media pembelajaran yang menyediakan berbagai macam alat desain grafis mulai dari poster, kartu undangan, sampul/cover, photo editor dan pembuatan video, powerpoint, lembar kerja peserta didik, serta banyak lainnya. Tidak hanya itu Canva juga mudah diakses tersedia diperankan desktop maupun mobile (Supradaka, 2022 dalam Nikmah dkk, 2023).
Dalam pelaksanaanya melibatkan dosen pembimbing ibu Purwati Yuni Rahayu, S.Pd., M.Pd. yang senantiasa membimbing dan memberi masukan untuk perbaikan proses pembelajaran yang telah guru lakukan., Guru Pamong bapak Lasadi, M.Pd. yang memberikan motivasi dan kritikan yang bersifat membangun untuk perbaikan proses pembelajaran guru di kelas., rekan mahasiswa PPG khususnya kelompok 1 yang saling memberi dukungan, saran dan kritik membangun demi ketercapaian tujuan praktik pembelajaran ini, Kepala sekolah bapak Budi Santoso, M.Pd dan Wakasek Kurikulum bapak Zaenal Abidin, S.Pd yang senantiasa memberikan arahan dan dukungan dalam kegiatan pelaksanaan PPG, rekan sejawat guru di SMA Islam Terpadu Granada Tangerang yaitu bapak Aan Anwar Firdaus, S.Pd, bapak Tri Wibowo, S.Pd., M.Pd, bapak Saifullah S.Psi., M.Pd serta Pakar Kaprodi FKIP Universitas Tangerang Raya bapak M. Khaedir, S.Pd., M.Pd dan Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang bapak Ino Budiatman, M.Pd yang bersedia untuk diwawancarai dan membantu dalam proses kegiatan Praktik Pembelajaran (PPL), bapak M. Fairuz, S.E yang telah membantu dalam dokumentasi dan rekaman, serta Peserta didik kelas X sebagai pelaksanaan praktik pembelajaran.
Tujuan penulisan ini adalah untuk menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis canva dapat meningkatkan minat dan fokus peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Terpadu Granada kota Tangerang.