Environment Serving
Istilah ini merupakan konsep stratejik dimana sebenarnya fungsi dasar dari berdirinya sebuah organisasi adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik itu perusahaan maupun organisasi non-profit. Hal yang membedakan kedua jenis organisasi tersebut adalah bagaimana reaksi mereka dalam mempertahankan eksistensi, yang satu dengan profit sedangkan bagi yang satunya berharap akan kontribusi sosial untuk tetap hidup.
Work Receivers
Sebuah terminologi stratejik untuk mendefinisikan para pegawai yang bekerja dalam suatu organisasi dimana keinginan untuk bekerja tersebut muncul dari kelekatan personal terhadap organisasiyang diikuti. Work Receivers ini adalah faktor penting dalam organisasi karena peran mereka dalam akuisisi sumber daya hingga konversi input menjadi output. Tanpa mereka, segala perencanaan organisasi tidak akan dapat dilaksanakan.
Work Givers
Adanya delegasi wewenang dalam sebuah organisasi, membutuhkan individu-individu terpilih untuk menjadi seorang work-givers. Istilah ini lebih jamak dikenal dengan nama manajer atau direktur. Work Givers ini dalam konsep stratejik harus memiliki kompetensi unggul dibandingkan dengan work receivers, karena mereka harus menjadi penentu perencanaan organisasi, menginspirasi, dan memotivasi para receivers, hingga mengevaluasi hasil yang diperoleh.
Environmental Resistance
Sebuah konsep stratejik yang menunjukkan resultan tekanan yang dihasilkan oleh aktor-aktor lain dalam industri dimana organisasi berada. Total resultan ini akan menjadi pertimbangan keputusan stratejik bagi organisasi untuk meninjau ulang kebijakan anggaran untuk dapat menyesuaikan dengan tekanan tersebut. Contoh sederhananya adalah bagaimana sebuah perusahaan bersiap diri menghadapi perang harga yang dilakukan oleh kompetitor.
Innovation Pressure
Tekanan inovasi ini merupakan terminologi untuk memperlihatkan frekuensi tekanan yang diberikan industri terhadap eksistensi organisasi. Tekanan ini akan mendorong work givers dan receivers untuk lebih kreatif dalam mendesain prencanaan usaha agar produk atau layanannya bisa lebih laku di pasar.
Strategic Thrust
Strategic thrust ini merupakan serangkaian karakteristik dari sebuah perusahaan yang menentukan pola aktivitas stratejik dari waktu ke waktu. Dalam bahasa perencanaan bisnis, istilah ini jamak disebut sebagai pola perencanaan strategis dari sebuah organisasi. Strategic thrust ini dapat ditinjau dari 2 perilaku yang berlawanan, yaitu entrepreneurial thrust dan marketing thrust.
Strategic Trap
Dalam setiap kluster industri yang menunjukkan efektivitas tren ekonomi positif dalam suatu kondisi yang terbuka (laissez-faire), maka akan selalu muncul konfigurasi-konfigurasi batasan dasar yang dapat membuat perusahaan meraih ketidak-untungan. Konfigurasi batasan tersebut diistilahkan sebagai strategic trap.
Source:
Strategic Management
H. Igor Ansoff
John Wiley & Sons, 1979
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H