Assalamualaikum wr.wb
Saya Kusmiyati calon guru pengerak Angkatan 7 Kabupaten Jepara
Pada kesempatan ini ijinkan saya untuk memaparkan Refleksi pengetahuan dan pengalaman saya  dalam belajar tentang filosofis dan pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan
Menurut Ki Hadjar Dewantara Pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak.Pendidikan adalah menutun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak agar menacpai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusaia maupun sebagai anggota masyarakat.yang bearti Pendidikan adalah tuntunan dalam hidup dan tumbuhnya anak,agar mereka hidup dan tumbuh menurut kodratnya sendiri karena pada hakekatnya setiap anak memiliki keunikan sendiri,tugas kita sebagai pendidik adalah menuntun dan merawat anak sesuai dengan kodratnya.
Menurut Ki Hadjar Dewantara dalam menuntun laku dan pertumbuhan kodrat anak adalah ibarat seorang petani,anak-anak itu bagaikan bulir-bulir jagung yang ditanam,bila biji jagung yang di temapatkan di tanah subur dengan mendapatkan sinar matahari dan pengairan yang baik maka akan tumbuh dengan baik,meskipun biji jagung tersebut adalah bibit jagung yang kurang baik namun apabila kita rawat dan mendapatkan perhatian yang baik maka biji jagung akan tumbuh dengan baik brgitu juga sebaliknya,walaupun biji jagung yang berkwalitas baik kalau pak tani tidak merawat dengan baik dan tidak mendapatkan pengairan,pupuk dan pencahayaan yang baik,maka biji jagung tersebut tidak bisa tumbuh dengan optimal,dan meskipun pertumbuhan jagung dapat di perbaiki tetapi petani tidak dapat mengubah kodrat jagung,petani tidak bisa mengharapkan jagung yang di rawat tumbuh menjadi padi.
Pembelajaran yang mencerminkan filosofis Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan adalah
- Memerdekakan dan berpusat pda siswa
- Mengikuti perkembangan Zaman
- Tidak bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan
- Pembangunan budi pekerti dan berpokus pada proses bukan hasil
 Pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan adalah upaya untuk memerdekakan manusia baik secara lahir maupun secara batin.Sebagai pendidik kita harus dapat mengimplementasikan pengajaran yang memerdekakan anak yang berarti dalam proses menuntun anak-anak diberi kebebasan,memerdekakan anak dalam pembelajaran,karena pada hakekatnya setiap anak memiliki kemampuan ,bakat dan minat yang berbeda dan menghendaki gaya pembelajaran yang berbeda pula,biarkan anak berkreasi dan berinovasi sesuai dengan bakatnya dan berkolaborasi tanpa adanya rasa takut dan ancaman,tugas seorang pendidik harus memaknai perbedaan itu karena setiap anak punya karakter yang berbeda dan dapat menyesuaikan metode pembelajarannya yang dapat menciptakan Pendidikan yang menyenangkan tanpa  ada paksaan sehingga pembelajaran dapat berkesan dalam diri siswa.
Inti dari filosofi Ki Hadjar Dewantara adalah adanya perubahan seorang pendidik yang mampu untuk membimbing budi pekerti anak kearah yang lebih baik yang bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah sehingga menjadi pribadi yang bijaksana.
Sebagai pembelajar atau pendidik yang sesuai dengan pemikiran Ki Hdjar Dewantara guru harus bersifat among
- Sesuai dengan semboyan Trilogi Ki Hadjar Dewantara
Ing Ngarso sung Tuladha ( Seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan )
Ing Madya Mangun karsa ( ditengah  juga harus mempu membangkitkan  semangat )