Oh ya, Selamat Hari Guru para pejuang pendidikan, para distributor ilmu, dan para pembimbing anak bangsa.
     Bagaimana dunia pendidikan memanfaatkan guru di zaman sekarang?
     Para guru bukan lagi satu-satunya sumber pengetahuan. Bukan satu-satunya pemegang kendali pengetahuan.
      Apakah bapak dan ibu guru sudah siap melaksanakan IKM di sekolahnya masing-masing?
      Sungguh berat untuk melaksanakan IKM, Implementasi Kurikulum Merdeka. Namun walaupun berat dan harus ada persiapan matang maka kita harus berupaya untuk melaksanakannya di sekolah kita masing-masing. Karena ini adalah tuntutan kebijakan pmemerintah terkait pendidikan yang harus menyesuaikan tantangan zaman dan relevan dengan keadaan sekrang. Selain itu tuntutan kebutuhan peserta didik akan pengajaran yang sesuai dengan masa mereka.
      Untuk mencari pengetahuan itu mungkin dibilang sangat mudah, karena informai apa saja sudah ada dan disedikan oleh internet. Bila menginginkan pengetahuan ataupun informasi tinggal meelakukan browsing internet dan ketik informasi apa yang ingin diketahui lalu klik cari atau enter. Maka informasi terkait lainnya akan muncul sbagai referensi. Upaya ini dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan anak yang belum biasa baca tulisun dapat melakukannya. Begitulah kecanggihan zaman sekarang. maka bukan lagi wajib atau hanya bisa bertanya pada guru.
      Mengembangkan kemampuan dan pengetahuan peserta didik memang tetap harus dengan pengawasan guru. Namanya anak-anak kesadaran dan tanggung jawab masih butuh diasah agar ketika browsing internet untuk mencari pengetahuan tidak menjelajah ke link lain yang berbahaya atau tidak pantas diketahui peserta didik. Inilah yang disebut guru beralih fungi sebagai fasilitator karena guru ukan sumber utama informasi atai pengetahuan yang dipelajari. Bahkan apabila merujuk pada pembelajaran berdiferensiasi yaitu pembelajaran yang menjadi langkah utama pembelajaran pada kurikulum merdeka ini.Â
      Pada pembelajaran kurikulum merdeka seharusnya guru melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Dimana peserta didik dapatmemilih konten atau sumber materi pembelajaran sesuai yang diinginkan. Dapat melalui vidio, artikel maupun tetap menggunakan buku paket mata pelajaran. Mengapa demikian? Karena pada kurikulum merdeka pembelajaran harus berpihak kepada peseerta didik dimana seorang guru harus mampu memetakan kesiapan belajar peserta didik, gaya belajar, kemampuan dan karakteristik peserta didik hingga pada hobi atau kesukaan. Dari pemetaan tersebut apabila oleh guru yang disini berperan sebagai fasilitator, yaitu membimbing, mengarahkan dan memfasilitasi kemauan belajar peserta didik, maka akan membuat pembelajaran menyenangkan bagi peserta didik.
      Sampai disini apakah sudah memiliki gambaran sebagai guru apa yang akan kita lakukan di kurikulum merdeka untuk mengwali IKM disekolah?
      Iya, benar upaya untuk mengembangkan diri, upaya untuk belajar lagi, upaya untuk menambah pengetahuan dan teori-teori kurikum merdeka yang harus diterapkan pada pembelajaran untuk peserta didik di kelas.
      Apakah itu berat bagi seorag guru?