Bagaimana menjawab pertanyaan
 refleksi terbimbingÂ
3.3.a.6. modul 3 guru penggerak?
Pada pendidikan Guru Penggerak setiap modul biasanya terdapat 2 atau lebih materi dalam 1 modul. Misalnya modul 3 ini mengenai kepemimpinan pada murid, terdapat 3 materi di dalamnya. Materi yang twrakhir yaitu merancang kegiatan yang berdampak pada murid.Â
Setelah belajar mandiri, kemudian dilanjutkan berkolaborasi dan mengungah hasil kerja kolaborasi, kita akan mendapatkan tugas refleksi terbimbing. Tugas di dalam refleksi terbimbing ini bervariasi, salah satunya menjawab pertanyaan sebagai berikut :
Apa hal-hal baru yang Anda temukan dalam perjalanan pembelajaran Anda di modul 3.3 ini?sebenarnya dalam pelaksanaan program di sekolah ada yang memang berasal dari masukan siswa namun saya tidak tahu bahwasannya ada teori program yang mengacu pada kepemimpinan murid dimana teori yang terdapat pada materi 3.3 ini sangat relevan dengan konsep merdeka belajar.
Tantangan apa yang saat ini masih saya hadapi untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?yang menjadi tantangan saya yang masih saya hadapi dalm memahami modul iniadalah ketersediaan waktu yang berkejaran dengan kegiatan sekolah akhir trahun
Sumber-sumber dukungan apa saja yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid? pada tahap ini saya harus berbangga hati karena seluruh lapisan sekolah sangat memperhatiakan dan memperdulikan langkah saya dalam membumikan materi modul 3 ini yang intinya kebijakan yang berpihak pada anak terutama materi 3.3 kepemimpinan anak
Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? sebenarnya tidak ada, karena promosi choice, voice, dan ownership sudah terjadi disekolah dengan perwakilan OSIS atau pengambilan suara perkelas yang dilakukan OSIS. hanya saja pelaksanaan itu tidak memakai prinsip dan teori yang terperinci dan jelas sebagaomana di modul.
Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?yang berubah pastinya pembiasaan dan usaha untuk mencapai kemandirian anak scara indifidu yang harus dimilai dari pemahaman guru bahwasannya pembelajaran juga harus menekankan proses bukan hanya hasil belajar sehingga siswa memiliki peran di kelas untuk mengembangkan karakternya
Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?yang sangat menantang adalah membuat perubahan untuk mencapai perbaikan dan program yang belum ada di sekolah