Mohon tunggu...
Kurnia Rafi Darajad
Kurnia Rafi Darajad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Efek Kecanduan Main Handphone Terhadap Cara Bersosialisasi

5 September 2023   07:52 Diperbarui: 5 September 2023   07:57 505
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.istockphoto.com

Saat ini, ponsel cerdas telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Hampir setiap orang memiliki satu, bahkan lebih, perangkat genggam yang mereka bawa di mana-mana. Ini memberi kita akses instan ke berbagai aplikasi, media sosial, dan konten online. Meskipun ini menawarkan banyak manfaat, kecanduan ponsel juga telah mengubah cara kita bersosialisasi dengan orang lain.

Saya memperhatikan perilaku saya sendiri dan teman-teman di sekitar saya. Saat kami berkumpul untuk sarapan, semuanya tampaknya sibuk dengan perangkat masing-masing. Tidak ada yang benar-benar terlibat dalam percakapan nyata. Rasanya seperti kita ada di dunia yang berbeda, yang dipisahkan oleh layar sentuh ponsel kita.

Kecanduan ponsel telah merampas kita dari pengalaman bersosialisasi yang tulus. Kami mungkin berada di satu ruangan bersama-sama, tetapi perhatian dan interaksi nyata sangat terbatas. Ini menghasilkan pertanyaan yang mendalam tentang apakah kita benar-benar bersosialisasi atau hanya berada dalam "kehidupan maya" yang tak ada habisnya.

Saya memutuskan untuk menghitung seberapa sering saya memeriksa ponsel dalam sehari. Hasilnya mengejutkan. Saya menemukan bahwa saya membuka ponsel saya lebih dari 70 kali dalam sehari. Dan rata-rata menghabiskan 7-10 jam per hari.

Ternyata, saya tidak sendirian dalam kebiasaan ini. Banyak dari kita telah terperangkap dalam lingkaran kecanduan ponsel, yang membuat kita terus-menerus terganggu oleh notifikasi, pesan, dan aplikasi. Pertanyaannya adalah, seberapa sering kita benar-benar hadir dalam interaksi sosial kita?

Saya mendengar kisah seorang teman yang baru saja mengakhiri hubungannya dengan pacarnya. Alasannya? Pacarnya lebih suka menghabiskan waktu dengan ponselnya daripada dengannya. Ini adalah contoh nyata dari bagaimana kecanduan ponsel dapat merusak hubungan kita dengan orang-orang yang paling kita cintai.

Hubungan romantis memerlukan perhatian dan investasi waktu yang besar. Namun, saat ponsel menjadi pusat perhatian, pasangan kita merasa diabaikan dan kurang dihargai. Kecanduan ponsel dapat merusak ikatan emosional yang kuat dan mengganggu komunikasi yang sehat dalam hubungan tersebut.

Saya mencoba untuk melakukan eksperimen sosial kecil. Saya memutuskan untuk tidak membawa ponsel saya ke pertemuan keluarga akhir pekan ini. Awalnya, saya merasa cemas dan merasa seperti saya akan kehilangan sesuatu yang penting.

Namun, tanpa ponsel, saya merasa lebih terlibat dalam percakapan dan benar-benar mendengar apa yang dikatakan oleh anggota keluarga saya. Saya merasa lebih hadir dalam momen tersebut, dan ini membuka mata saya tentang seberapa sering ponsel kita menghalangi kita dari pengalaman sosial yang lebih kaya dan berarti.

Pendapat Teman Tentang Kecanduan Ponsel

Saya memutuskan untuk berbicara dengan teman-teman saya tentang bagaimana mereka merasa tentang cara bersosialisasi dalam era ponsel cerdas. Mereka semua sepakat bahwa ponsel adalah alat yang sangat berguna, tetapi sering kali menjadi penghalang dalam interaksi sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun