Perkembangan industri film global yang semakin besar membawa India menjadi pusat kekuatan baru hiburan film di pasar media global. Dalam industri perfilman India memiliki julukan Bollywood yang merupakan gabungan dari Hollywood dan Bombay. Bombay adalah nama awal Mumbai yang mana Mumbai dulunya merupakan pusat produksi film dari India (McPhail,2014).Â
Salah satu karya Bollywood yang berhasil menjadi film fenomenal sepanjang masa adalah film Kuch-Kuch Hota Hai. Di era sembilan puluhan film Kuch-Kuch Hota Hai merupakan film dengan romansa kisah cinta segitiga antara Rahul, Anjeli, dan Tina. Dalam film ini adegan demi adegan dibalut dengan sentuhan karya modern pada masanya yang ditampilkan dengan warna berbeda karena karakter yang memainkan peran dalam film Kuch-Kuch Hota Hai bisa membawakan peran kisah cinta yang mengharukan.
Tribunpontianak.co.id.(2020) menjelaskan bahwa Kuch-Kuch Hota Hai merupakan karya Karan Johar yang dirilis pertama kali di India juga Britania Raya pada 16 Oktober 1998 Â dengan bahasa Hindi. Film yang diperankan oleh Shah Rukh Khan juga Kajol sebagai pemeran utamananya ini berhasil meraih kesuksesan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.Â
Kesuksesan film Kuch-Kuch Hota Hai membawa film ini menjadi film India terlaris pada tahun 1998 dan menjadi film Hindi terlaris kedua di dunia. Dalam pembuatan film Kuch-Kuch Hota Hai dana yan digelontorkan sangatlah banyak di era saat itu karena mencapai nominal hingga 1,5 juta dolar. Namun semua itu terbayar dengan kesuksesan film ini ke berbagai negara di hampir seluruh belahan dunia. Dengan banyaknya pemirsa yang menikmati film Kuch-Kuch Hota Hai film ini mendapatkan pendapatan sebesar 16 juta dolarr.
Penghargaan dan pencapaian Kuch-Kuch Hota Hai tidak hanya sampai situ saja, fenomena Kuch-Kuch Hota Hai juga merambah tidak hanya ke kawasan Asia melainkan hingga kawasan Eropa. Salah satu negara di Eropa yaitu Inggris merupakan salah satu negara yang sangat menggandrungi film ini bahkan di Inggris Kuch-Kuch Hota Hai meraup pendapatan yang tergolong fantastis (thomasmalau, n.d).Â
Pada tahun 90an Kuch-Kuch Hota Hai berhasil membawa warna baru bagi perfilman di Britania Raya sehingga bukan hal baru ketika Kuch-Kuch Hota Hai berhasil menjadi film populer di Inggris. Hingga saat ini penggembar Bollywood di Inggris semakin berkembang berkat kehadiran Kuch-Kuch Hota Hai.Â
Melejitnya film Kuch-Kuch Hota Hai di berbagai negara bahkan sampai ke Eropa merupakan bukti bahwa liberalisasi media dan pertumbuhan diaspora luar negri menjadikan industri perfilman India lebih maju dan mendunia. Televisi satelit dan juga diaspora besar India telah memfasilitasi film-film India untuk bersaing di dunia internasional sehingga Bollywood bisa semakin maju dan berkembang. Pejuangan India dalam mengembangkan karya-karya hiburan seperti Film telah membawa mereka berhasil mengekspor filmnya ke berbagai negara (Mc.Phail. 2014).
Daftar Pustaka
McPhail, T. L. (2014). Global communication: Theories, stakeholders, and trends. JohnWiley &
Sons
Thomasmalau. (n.d). Nostalgia 20 tahun kuch-kuch hotahai, lima fakta menarik behind the scene