Mulai dari diriÂ
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum proses pembelajaran, hal yang saya pikirkan mengenai topik ini berdasar judul pada Topik 6 yaitu "Isu-Isu Penyelenggaraan Scaffolding pada ZDP dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah" adalah dalam topik ini kita akan mempelajari tentang permasalahan, peristiwa, atau informasi yang sedang menjadi perhatian terkait pemberian bantuan (scaffolding) pada ZPD oleh guru dalam pembelajaran di kelas. Isu-isu tersebut akan memberikan pengaruh pada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini berkaitan karena isu-isu tersebut mempengaruhi lingkungan belajar dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu sebagai guru harus banyak belajar dan terbuka terkait isu-isu tersebut melalui perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kegiatan kegiatan pembelajaran di sekolah.
Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Pada topik ini menjelaskan mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Keanekaragaman perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik bukanlah hambatan, tetapi sumber kekuatan dalam pendidikan. Mengakui dan menghormati keanekaragaman tersebut dapat menghasilkan lingkungan belajar yang lebih inklusif bagi peserta didik. Serta  dalam topik ini saya mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik.
Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Jawaban :
Hal-hal yang saya dan rekan-rekan kelompok pelajari pada ruang kolaborasi yakni melalui sebuah kelompok diskusi mengenai pengalaman masing-masing terhadap isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam berbagai macam pandangan prespektif sosial. Mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik, serta materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Melalui kegiatan tersebut membantu saya lebih mengetahui sudut pandang lain, solusi, serta dampak mengenai pemberian scaffolding dalam ZPD pada kegiatan pembelajaran. Kami juga saling memberikan umpan balik konstruktif untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran kami.
Demonstrasi Kontekstual