Mohon tunggu...
Kurnia Azizatul
Kurnia Azizatul Mohon Tunggu... Lainnya - masyarakat pada umumnya

Do not lose hope, nor be sad (3:139)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik dalam Pembelajaran_T3.8 Aksi Nyata

14 Oktober 2024   20:33 Diperbarui: 14 Oktober 2024   20:43 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya akan memberikan tulisan refleksi menggunakan alur MERDEKA yang terdiri dari mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman dan koneksi antar materi dan aksi nyata. Refleksi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam bagi diri sendiri dan orang lain, yang dapat saya sampaikan antara lain sebagai berikut:

1. M : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Topik ini berfokus pada pentingnya memahami dan mempertimbangkan perspektif sosial , budaya , ekonomi, dan politik dari peserta didik untuk dapat menentukan metode dan strategi pembelajaran yang tepat bagi guru. Pendidikan harus mempertimbangkan perbedaan Bidang Sosial seperti latar belakang budaya, agama, ras, gender, dan kelompok sosial lainnya. Bidang Budaya karena setiap budaya memiliki nilai-nilai, norma, dan sistem kepercayaan yang berbeda. Pendidikan yang efektif harus mempertimbangkan keberagaman budaya dalam kelas-kelas mereka dan mengakui kepentingan pendidikan multikultur. Bidang Politik karena kebijakan pendidikan yang diberlakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah dapat memiliki dampak besar pada sistem pendidikan dan siswa. Bidang Budaya karena kesenjangan ekonomi yang dialami seseorang dapat menghambat akses ke pendidikan, terutama bagi keluarga yang kurang mampu agar siswa merasa dihargai dan mendapat keadilan secara sosial.

2. E : Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada topik ini pandangan ahli seperti Vygotsky memaparkan pengaruh faktor-faktor sosiokultural terhadap interaksi manusia. Selain itu, dalam topik ini mempelajari tentang bagaimana menyikapi tantangan yang berhubungan dengan perspektif sosial , budaya , ekonomi, dan politik dari peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Pandangan saya tentang Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran di Indonesia yang sangat penting dan perlu dikuatkan secara menyeluruh tentang pendidikan serta pengajaran di Indonesia yang masih perlu diperbaiki dari segi kesetaraan dan sesuai dengan tuntutan zaman. Sebagai seorang guru profesional, harus memahami kebutuhan setiap peserta didik dikarenakan perbedaan latar belakang setiap peserta didik, serta mengetahui apa yang harus diterapkan ketika memulai pembelajaran di kelas. Selain itu, guru juga harus menciptakan lingkungan belajar yang inklusif di mana semua peserta didik merasa dihargai dan didukung.

3. R : Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada alur Ruang Kolaborasi, saya bersama rekan-rekan saya mempelajari tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan.
Dalam perspektif sosial sebagai calon pendidik harus mengetahui dan memahami bahwa latar belakang sosial peserta didik beragam. Dengan melakukan pendekatan baik dengan peserta didik dan wali murid karena pendekatan yang mengedepankan kebutuhan peserta didik (aspek sosial, budaya, ekonomi dan politik) dapat meningkatkan keterlibatan dan capaian pembelajaran peserta didik.

4. D : Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Sebelum memulai pembelajaran, kami sebagai calon guru profesional harus memahami karakteristik peserta didik sehingga pembelajaran yang dimaksud dalam Filosofi Pendidikan yaitu kodrat alam dan kodrat zaman dapat dilaksanakan, selanjutnya dengan memahami hal tersebut kami dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat diterapkan kepada peserta didik. Aspek sosial, budaya, ekonomi dan politik berperan penting dalam pembelajaran di kelas karena dari berbagai hasil proses demonstrasi kontekstual antar kelompok dapat digunakan untuk mengembangkan metode dan strategi pembelajaran yang lebih inklusif

5. E: Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini yang saya pahami mengenai topik ini yaitu saya sadar bahwa, seorang guru profesional hendaknya memahami dan memperhatikan keempat perspektif tersebut, yaitu kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan politik bagi para peserta didiknya. Guru juga perlu membekali dirinya dengan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik sehingga dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan  merancang metode dan strategi pembelajaran yang sesuai untuk peserta didiknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun