Pada daftar “Konsumen Kecewa,” kami menemukan lebih banyak lagi kesaksian-kesaksian tentang Perusahaan Enagic Kangen yang jika ditelusuri telah muncul sejak tahun 2011. Dua orang konsumen bersaksi bahwa mereka dibohongi oleh para distributor Enagic tentang jenis-jenis partikel yang mampu dihilangkan oleh filter-filter di dalam mesin Kangen. Mereka mengeluh setelah diberi tahu bahwa filter tersebut mampu menghilangkan semua jenis kontaminan yang terkandung di dalam air keran. Setelah menggunakan mesin tersebut selama 2 tahun, mereka baru sadar bahwa mesin yang mereka gunakan hanya mampu menghilangkan klorin dan timbal.
Ulasan konsumen Enagic lainnya menyatakan bahwa ketika ia membeli mesin Leveluk baru, ternyata motherboard mesin tersebut tidak berfungsi. Ketika ia membawa mesin tersebut ke cabang perusahaan di Torrance, CA, ia diberi tahu bahwa ia harus membayar $950 untuk memperbaiki mesin tersebut. Konsumen tersebut menyatakan bahwa walaupun mesin mereka masih baru dan belum digunakan, Perusahaan Enagic tidak akan menggantinya dengan mesin yang baru! Konsumen tersebut bahkan mengundang konsumen-konsumen lainnya untuk bergabung dengannya untuk menyelenggarakan gugatan kelompok terhadap Enagic. Ia bahkan meninggalkan alamat emailnya: pianoconnection@yahoo.com.
Ada lebih banyak lagi keluhan tentang bisnis air Kangen yang sudah ada sejak tahun 2009 pada situs Complaints Board. Keluhan-keluhan tersebut bisa Anda baca di tautan-tautan berikut di sini: 1, 2 dan 3.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H