Industri Pay TV (TV Berlangganan) merupakan salah satu industri yang tengah berkembang di Era Teknologi dan Informasi kini. Industri ini bergerak di bidang penyediaan jasa penyiaran yang memungkinkan berbagai tayangan berkualitas dari nasional hingga mancanegara. Berbagai program tayangan tersaji untuk anak-anak, remaja dan dewasa dengan menghadirkan tayangan berkualitas dari movies, TV series, entertainment, sports, lifestyle, knowledge, music, dan news yang hadir menghiasi layar kaca selama 24 jam nonstop melalui televisi rumah.
Seperti yang kita ketahui bahwa sebelumnya masyarakat hanya mengenal TV free to air yang dapat dinikmati secara gratis. Dengan hadirnya bisnis televisi berbayar (Pay TV) berbasis kabel dan satelit menambah semarak bisnis hiburan melalui layar kaca televisi saat ini. Nah, secara umum bisnis televisi berbayar di Indonesia ini mengalami perkembangan yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah, jika pada 2003 tercatat baru 204 ribu pelanggan, maka pada 2007 sudah melonjak menjadi 596 ribu pelanggan. Peningkatan jumlah pelanggan ini terutama didorong oleh masuknya pemain-pemain baru ke dalam bisnis ini. Saat ini penetrasi pasar diperkirakan masih relatif kecil atau kurang dari 2 %. Pasar yang cukup besar ini mendorong investor untuk masuk ke dalam bisnis TV berbayar ini, menjadikan bisnis TV berbayar di Indonesia semakin semarak sebab masyarakat akan lebih memiliki alternatif hiburan pilihan lebih banyak lagi.
Berdasarkan perkembangan industri Pay TV yang sangat signifikan, kompetisi yang ketat dan diikuti dengan potensi pelanggan yang juga cukup besar khususnya di Indonesia, maka saya tertarik untuk melakukan kuliah magang di salah satu perusahaan yang bergerak di industri Pay TV.
Alasan saya memilih PT. Indonusa Telemedia Regional Jawa Barat sebagai tempat menjalani kuliah magang sebab perusahaan tersebut memiliki keunggulan dari segi layanan produk dibandingkan dengan para kompetitornya di industri Pay TV, yakni layanan IPTV pertama di Indonesia yang menawarkan fitur-fitur terbaru yang tidak dimiliki oleh pemain lain di industri Pay TV Indonesia. Disisi lain, industri Pay TV adalah salah satu bentuk implementasi dari bisnis komunikasi, yang merupakan bidang kajian saya di Ilmu Komunikasi.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI