Pasar ritel atau bisnis ritel merupakan usaha yang didalamnya terdapat penjualan barang dan jasa kepada konsumen dengan cara di ecer atau satuan.
Pasar ritel memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :
1.Transaksi secara langsung
Bisnis ritel merupakan bisnis yang dimana kita harus melakukan transaksi secara langsung dengan para konsumen, Â sehingga bisnis ini sekaligus menjadi cara untuk kita mengetahui karakter konsumen dan keadan pasar secara langsung.
2.Memerlukan Sistem pembayaran yang mudah
Bisnis ini memerlukan sistem pembayaran yang mudah karena kita dihadapkan secara langsung dengan konsumen sehingga memerlukan proses transaksi yang cepat dan mudah agar konsumen tidak lama menunggu.
3.Perlu pemahaman tentang harga pasar
Untuk terjun dibisnis perekonomian tentunya kita harus paham tentang harga pasar. Begitu juga dalam bisnis ritel, kita harus bisa memahami harga dan persaingan didalam pasar. Jika kita tidak paham terhadap harga pasar maka kita akan mengalami kesulitan dalam penjualan.
4.Memiliki potensi yang cukup besar
Pasar ritel sangat berpotensi mengingat bisnis ini memiliki konsumen perorangan yang selalu bertambah. Â Bahkan, pasar ritel di Indonesia berhasil berada diperingkat 4 pada global retail development indeks.