Mohon tunggu...
Kukuh MHT
Kukuh MHT Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Awas "Kena Jebakan", Ada Bugs karena Emoticon di WhatsApp Android

4 Mei 2018   09:00 Diperbarui: 3 September 2020   16:40 3136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kali ini saya akan berbagi cerita pengalaman saya yang sangat menyebalkan, dimana ada teman saya yang mengirimkan pesan sebagai berikut:

pesan bugs WhatsApp
pesan bugs WhatsApp
Dan ketika saya klik pesan yg saya lingkari merah itu, benar saja.. seketika aplikasi WhatsApp saya hang dan terhenti.

Kemudian saya penasaran, apakah itu emoticon memang bermasalah. Kemudian saya coba copas itu pesan ke website https://wordcounter.io (alternatif: https://www.wordcounteronline.net/). Dan saya mulai heran dengan hasil nya, kenapa bisa teks yang sedikit itu jumlah karakternya bisa mencapai 2043?

jumlah karakter pesan bugs WhatsApp
jumlah karakter pesan bugs WhatsApp
Sudah pasti WhatsApp nya hang karena pesan tersebut mengandung jumlah karakter yang melebihi batas. Terus kenapa bisa karakter nya sebanyak itu?

Saya mulai menganalisis, ternyata yang membuat pesan tersebut memiliki karakter ribuan itu bukanlah akibat emoticon nya. yang membuat karakter mencapai ribuan itu adalah jumlah spasi yang setelah emoticon tersebut. 

Ketika saya hapus spasi nya ternyata itu bukan spasi biasa, spasi tersebut memiliki jumlah karakter yang luar biasa, bisa mencapai 2000-an. Entah bagaimana si pembuat pesan itu membuat nya, yang jelas jika kalian copas, kalian akan merasa ada kejanggalan pada spasi nya.

Jika kalian penasaran mau mencoba nya, silahkan buka link berikut, lalu paste text nya;

https://jpst.it/1eDUF

Jika kalian mendapatkan pesan tersebut, saya sarankan untuk segera menghapus nya tapi jangan di klik terlebih dahulu. Karena, jika kalian klik WhatsApp Anda akan hang dan terhenti.

Sekian artikel pertama kali saya di Kompasiana ini, terimakasih telah menyimak dengan baik

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun