Kandidat Sarjana Mengabdi Bersama Kelompok UMKM Wanita Pengusaha yang tergabung di UMKM Perempuan Singkong Jaya di Desa Sukowilangun hasil produksinya adalah  Nasi Tiwul, Gatot, dan Tepung Mocaf. Tepung Mocaf yaitu tepung yang terbuat dari singkong, tepung tersebut adalah tepung yang dapat menggantikan tepung terigu. Produk yang dihasilkan dari UMKM Singkong Jaya telah memiliki P-IRT serta telah melakukan beberapa uji kesehatan dan pemenuhan gizi sehingga produknya sudah disetujui oleh Dinas Kesehatan dan memiliki kelayakan edar di pasar.
Peran KSM pada program ini  adalah untuk melakukan pendampingan dalam hal strategi pemasaran produk yang dihasilkan  kelompok Perempuan Singkong Jaya, karena di masa pandemi ini kendala pokok produksi adalah sulitnya pemasaran dan penjualan produknya.
Strategi Pemasaran dan penjualan akan memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih dikenal dengan Digitalisasi Marketing, KSM -Tematik Universitas Islam Malang ini gabungan dari beberapa kelompok yaitu Oktania Nindi A, Dinanda P, Noor Salama, Revin Dea L dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang didampingi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Eris Dianawati, S.Pd., M.M., Akt., CRA., HCS dan Ibu Ratna Tri Hardaningtyas, S.E., M.M.
KSM akan focus memanfaatkan media social dan market place sebagai salah satu strategi dan upaya meningkatkan model pemasaran dan penjualan , salah satu pilihan Market Place yang dipilih adalah NU Mall yang merupakan Sistem Pemasaran Online yang merupakan program hibah dari PT Dinova Kanaya Pratama untuk warga NU Mall dan didukung penuh oleh Civitas Akademika di sini adala LPPM Unisma Malang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H