Mohon tunggu...
Rinsi Perika
Rinsi Perika Mohon Tunggu... -

Jesus bless me

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aku Bangga Jadi Anak Promkes

29 September 2014   05:10 Diperbarui: 17 Juni 2015   23:08 392
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Peminatan Promosi Kesehatan adalah salah satu peminatan dari empat peminatan Fakultas Kesehatan Masyarakat selain Epidemiologi, Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) dan Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja (KLKK). Promosi kesehatan adalah suatu proses untuk memampukan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sehingga mereka mau dan mampu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri. (piagam ottawa charter: 1986). Dalam Promosi Kesehatan kita diajarkan bagaimana cara melakukan Public Speaking, Advokasi, Pemberdayaan Masyarakat, dan Mendesain Media.

Awalnya nihh guys saya kurang yakin memilih peminatan Promosi Kesehatan, mengapa? Karena salah satu yang menjadi ketakutan saya adalah mendesain media, jujur yaaa saya kurang mahir dalam desain-desain media lohhh,, hehehe J

Tapi saya kemudian merenungkan bahwa saya selamanya tidak akan pernah tahu jika tidak belajar. Hal inilah yang memotivasi diri saya sendiri mengapa saya harus memilih promosi kesehatan sebagai peminatan saya. Ternyata setelah masuk dan lama belajar tentang promosi kesehatan itu sendiri saya akhirnya menemukan sesuatu yang selama ini saya tidak pernah tahu, tidak pernah pelajari, akhirnya saya bisa menjadi tahu sedikit demi sedikit walaupun belum terlalu mahir. Ternayata dengan masuk ke peminatan promosi kesehatan saya bisa dapatkan hal-hal baru yang ternyata asyik. Saya akhirnya perlahan-lahan mulai berani tampil berbicara didepan umum, saya juga turun kelapangan melakukan pemberdayaan msyarakat, saya juga sedikit bisa mengetahuitentang mendesain media. Saya sangat senang sekali ternayata apa yang saya khawatirkan tidak ada gunanya sama sekali.

Buat teman-temandimanapun berada khususnya mahasiswa kesehatan masyarakat, saya menyarankan untuk tidak salah pilih peminatan, jangan pernah takut menghadapi kenyataan, dan yakin pada diri sendiri kalau kita bisa. Jangan lupa bahwa peminatan promosi kesehatan adalah salah satu peminatan yang tidak kalah menarik dari peminatan yang lain. Berkat peminatan Promosi Kesehatan saya bisa menulis artikel ini dan artikel yang lainnya, walaupun kurang sempurna tapi saya bangga saya bisa menulis artikel sedikit demi sedikit... hehehhe JJ

Sekian dulu cerita saya, thanks sudah baca, jangan lupa di share yaaa J

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun