Detik.com merupakan portal berita online yang mengutamakan kecepatan dengan konten berita yang akurat, kredibel, berimbang dan terpercaya. Kita mendapat berita yang akurat, kredibel, berimbang dan terpercaya dari Detik.com berkat perjalanan yang telah dilalui Detik.com dalam dunia jurnalisme multimedia.
Indonesia memiliki beberapa media jurnalisme multimedia khususnya media online yang beraneka ragam. Dari keanekaragaman media online, terdapat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap suatu media. Masyarakat cenderung percaya terhadap beberapa media yang ada di Indonesia, salah satunya Detik.com.
Sejarah Detik.com
Server yang dimiliki detik.com pada dasarnya telah siap diakses pada tanggal 30 Mei 1998. Akhirnya server detik.com mulai online dan menyajikan kelengkapan data pada 9 Juli 1998. Akhirnya pada tanggal 9 Juli menjadi tanggal kelahiran Detik.com yang didirikan oleh beberapa orang penggagas. Beberapa orang tersebut bernama Budiono Darsono, Yayan Sopyan, Abdul Rahman, dan Didi Nugrahadi.
Pada awalnya, liputan utama detik.com memiliki fokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Salah satu faktor pengaruh fokus liputan detik.com saat itu adalah situasi politik. Dengan situasi politik yang mulai mereda dan kondisi ekonomi juga membaik, detik.com mulai menambah fokus liputan pada berita hiburan dan olahraga
Dari sinilah gagasan muncul mengenai karakteristik yang dimiliki media online haruslah berbeda dengan karakteristik yang dimiliki media cetak yang harian, mingguan, bahkan bulanan. Dengan teknologi yang telah diadaptasi oleh detik.com, breaking news lebih mudah disalurkan secara lebih cepat. Dengan karakteristik yang diadaptasi oleh detik.com, perkembangannya melesat menjadi situs informasi digital yang populer bagi pemakai internet.
Perkembangan Konsumen
Pada bulan Juli tahun 1998, detikcom menerima 30.000 hits per hari sebagai tolak ukur jumlah kunjungan pengguna ke situs detik.com dengan  2.500 pengguna yang menggunakan internet. Beberapa waktu berlalu, Bulan Maret 1999, hits per hari yang didapatkan detik.com meningkat tujuh kali lipat dengan angka rata-rata 214.000 hits per hari yang menjadi 6.420.000 hits per bulan dengan 32.000 pengguna.
Tidak berhenti di situ, pada  Juni 1999, hits yang telah dicapai detik.com sebelumnya naik lagi menjadi 536.000 hits per hari dengan pengguna hingga  40.000. Perkembangan terus terjadi hingga detik.com populer sebagai media online di kalangan masyarakat.
Detikcom juga populer dengan alat ukur lainnya yang disepakati sebagai ukuran yang mendekati seberapa besar potensi yang dimiliki sebuah situs. Ukuran tersebut adalah pageview atau jumlah halaman yang telah diakses. Pageview yang dimiliki detikcom dapat mencapai 3 juta setiap harinya.Â