Mohon tunggu...
krisnha prasetyo surendro
krisnha prasetyo surendro Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru dengan hobi ngoprek komputer dan jaringan

NIkmati, Jalani, Sykuri

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kepemimpinan Pembelajaran Menciptakan Lingkungan Kerja yang Produktif dan Memuaskan Bagi Guru dan Siswa dalam Mengembangkan Kondisi dan Hasil Belajar

17 Oktober 2024   07:30 Diperbarui: 17 Oktober 2024   07:33 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth


PENDAHULUAN

Dalam dunia pendidikan, kepemimpinan pembelajaran adalah konsep yang mendasar dan kritis dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru, serta mengembangkan kondisi dan hasil belajar yang diinginkan bagi siswa.

Peran kepemimpinan pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru telah lama diakui sebagai faktor penting dalam organisasi sekolah, terutama berkaitan dengan tanggung jawabnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah (Gorton, 1991; Hallinger & Leithwood, 1994).

Peran penting kepemimpinan pembelajaran dalam membina profesionalisme guru seharusnya memiliki implikasi bahwa kepemimpinan sekolah perlu mengalihkan perhatian dari sekedar melakukan pembinaan administratif menjadi pembinaan profesional dengan pusat perhatian pada peningkatan kinerja pembelajaran di sekolah.

Kepemimpinan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menciptakan lingkungan kerja yang bermanfaat dan memuaskan bagi guru serta kondisi dan hasil belajar yang diinginkan bagi siswa (Greenfield, 1987; Gorton dan Schneider, 1990).

Tantangan-tantangan

  • Perubahan Kurikulum yang Cepat : Salah satu tantangan utama dalam kepemimpinan pembelajaran adalah mengikuti perubahan-perubahan kurikulum yang terjadi dengan cepat. Guru dan staf pendidikan perlu terus beradaptasi dengan perubahan dalam kurikulum, yang dapat memengaruhi cara mereka mengajar dan menilai siswa. Kepala sekolah pun perlu memastikan guru memiliki sumber daya, pelatihan, dan dukungan yang cukup untuk menghadapi perubahan ini.
  • Diversitas Siswa : Sekolah saat ini melayani siswa dengan beragam latar belakang, kebutuhan, dan gaya belajar. Menangani diversitas ini memerlukan perhatian khusus dari kepemimpinan pembelajaran. Guru harus mampu menyesuaikan pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan beragam ini dan memastikan bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil.
  • Teknologi dalam Pembelajaran : Penggunaan teknologi dalam pembelajaran telah menjadi bagian integral dari pendidikan modern. Tantangan di sini adalah memastikan bahwa guru memiliki akses ke perangkat dan pelatihan yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi dengan efektif dalam pengajaran mereka. Selain itu, perlu ada kebijakan dan prosedur yang sesuai untuk mengelola data siswa dan menjaga privasi mereka.
  • Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat : Keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam proses pendidikan adalah faktor penting dalam kesuksesan siswa. Tantangannya adalah membangun keterlibatan yang kuat dengan orang tua dan masyarakat, mengkomunikasikan hasil pembelajaran dan tujuan sekolah dengan efektif, dan mengatasi masalah yang mungkin timbul dari perbedaan pandangan dan harapan.
  • Dukungan Terhadap Kesejahteraan Guru : Kesejahteraan guru adalah hal yang penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan. Tantangan yang dihadapi kepemimpinan adalah memberikan dukungan kesejahteraan fisik dan mental kepada guru, mengatasi masalah burnout, serta menciptakan budaya kerja yang seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.
  • Manajemen Sumber Daya yang Terbatas : Dalam banyak kasus, sekolah menghadapi keterbatasan sumber daya, baik dalam hal anggaran, fasilitas, atau personel. Tantangan bagi kepemimpinan adalah mengelola sumber daya yang terbatas dengan efisien, memprioritaskan investasi yang berdampak tinggi, dan memastikan bahwa sumber daya digunakan untuk mendukung pembelajaran dan pengajaran.

AKSI

Berikut Implementasi dari Kepemimpinan Pembelajaran dengan tujuan peningkatan kinerja pembelajaran di sekolah :

1. Kurikulum 

Pembelajaran Sentra Berbasis Proyek

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun