Mohon tunggu...
Ni Wayan Krisna Dewi
Ni Wayan Krisna Dewi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang masih belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Menyesal Setelah Operasi Wasir: Kenapa Tidak dari Dulu?

15 Agustus 2023   11:09 Diperbarui: 20 Agustus 2023   09:45 3394
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Freepik via health.grid.id

Saya adalah seorang Ibu yang memiliki riwayat wasir pasca melahirkan secara normal. Awalnya saya memang menganggap remeh penyakit ini karena sangat jarang saya mendengar orang meninggal karena wasir. Saya melahirkan pada tahun 2020. Dalam perjalanannya, saya mengalami nyeri dan sakit di bagian dubur saya namun masih bisa saya tahan. 

Akhir Agustus tahun 2022 adalah tonggak awal penderitaan saya menjalani penyakit wasir. Saya mulai memeriksa ke dokter umum. Beliau mengarahkan saya untuk melakukan operasi.

Saya mulai merasa takut dan mulai mencari pembenaran untuk tidak melakukan operasi. Saya sangat takut dengan kata operasi.

Apalagi saat itu saya mengikuti Pendidikan Guru Penggerak yang akan diadakan sampai bulan Juli tahun 2023. Saat itu banyak teman-teman yang saya tanyakan menyarankan untuk tidak melakukan operasi karena berbagai alasan. 

Puncak keinginan saya ingin operasi adalah ketika orangtua murid les saya yang juga merupakan guru spesialis anak menyarankan untuk berobat di salah dokter bedah di salah satu rumah sakit swasta di daerah saya pada bulan April 2023.

Bertemulah saya sama dokter tersebut. Beliau sangat cekatan. Ketika Beliau memeriksa dubur saya, beliau mengatakan bahwa wasir saya sudah stadium 3 dan kalau dibiarkan kemungkinan akan stadium 4 dan harus dioperasi.

Saya ditekankan bahwa operasi hanya menghilangkan benjolan yang sekarang tumbuh. Kemungkinan wasir akan timbul kembali jika tidak menerapkan pola hidup sehat. Mengenai penyembuhan akan terlihat di minggu ke 2 sampai minggu ke 6 pasca operasi.

Mendengar pernyataan itu saya dan suami saya terkejut. Pendidikan Guru Penggerak belum saya selesaikan, namun penyakit ini sungguh sangat membuat tidak nyaman apalagi saat duduk lama.

Saya meminta tips agar bagaimana saya bisa tahan sampai bulan Juli 2023. Beliau mengiyakan, namun jika ada keluhan tetap konsul. Saya pun kembali dengan beberapa obat penghilang rasa sakit dan 3 buat obat supositoria. 

Tepat hari Kamis tanggal 13 Juli 2023 adalah hal paling menyakitkan dalam sejarah wasir saya. Saya merasa perih, ngilu, gatal dan panas di area dubur saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun