Mohon tunggu...
Ni Wayan Krisna Dewi
Ni Wayan Krisna Dewi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang masih belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai dari Diri Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik

14 Maret 2023   07:07 Diperbarui: 14 Maret 2023   07:49 20078
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Observasi atau supervisi dari Kepala Sekolah penting untuk membantu guru dalam memperbaiki situasi mengajar. Tentunya dengan adanya supervisi, saya mempersiapkan segala hal agar pelaksanaan pembelajaran membuat murid bahagia. Walaupun sudah siap dengan segala hal terkait pelaksanaan pembelajaran, saya merasa gugup dan tidak percaya diri jika tampil di depan atasan saya.

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut!

Saya pernah diobservasi oleh Bapak Kepala Sekolah. Saya diberikan apresiasi karena saya berhasil menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan kebutuhan murid. Beliau mengatakan bahwa saya sudah mengintegrasikan pengetahuan kontekstual dalam pembelajaran. Ada juga masukan-masukan atau saran positif dalam rangka membuat pembelajaran saya lebih menarik. Tentu masukan-masukan itu membuat pengetahuan saya bertambah mengenai bagaimana membuat murid berproses bahagia.

Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

  • Supervisor harus memberikan contoh dalam melaksanakan pembelajaran dengan baik.
  • Supervisi dilaksanakan secara teratur dan terjadwal
  • Supervisi dilaksanakan dengan tujuan yang jelas
  • SUpervisi dapat memberikan umpan balik yang positif
  • Memberikan pendidik berpartisipasi aktif dalam pendidik.

Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jika saat ini saya menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, posisi saya sehubungan dengan gambaran ideal maka saya berada pada posisi di angka 7,5. Saya belum mempunyai pengalaman dalam memberikan supervisi kepada yang lain hanya mempunyai pengalaman ketika diobservasi saja. Serta pengetahuan mengenai hal-hal berkaitan dengan supervise masih kurang banyak, sehingga saya harus terus belajar.

Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Untuk mencapai situasi ideal, saya membutuhkan penguatan kompetensi pedagogi, profesional, kemampuan observasi baik, kemampuan dalam berkomunikasi efektif dalam menciptakan motivasi instrinsik dalam diri murid.

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Setelah saya mempelajari modul 2.3, saya ingin memahami semua materi dengan baik dan menerapkan hal tersebut dalam proses pembelajaran dan pergaulan di sekolah. Saya juga ingin berlatih menerapkan teknik coaching dalam praktik baik lingkungan sekolah, saling membantu kekurangan dan berbagi kebaikan dan pengetahuan bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun