Organisasi bisnis harus dapat menganalisis perubahan pasar dan mengantisipasi ancaman pesaing baru.
Jika kamu penggemar donat apakah masih menyukai Dunkin' Donuts atau sekarang beralih ke J.CO Donuts?
Hasil sebuah jajak pendapat pada Forum Kaskus yang menanyakan manakah yang akan dipilih dari dua merek donat tersebut? Jawabnya adalah 58 persen penikmat donat tanah air memilih J.CO, sedangkan 19% menyukai Dunkin dan 22% mengaku suka keduanya. (Berempat.com, 05/09/2018)
Jika jajak pendapat tersebut mewakili para penggemar donat, dapat disimpulkan bahwa Dunkin' Donuts sedang mendapat ancaman baru dari kompetitor. Sedangkan J.CO Donuts yang dirintis Jhonny Andrean menjadi pendatang baru yang mampu menggeser brand lama.
Dunkin' Donuts yang merupakan waralaba berasal dari negeri Paman Sam pertama kali membuka gerai di Indonesia tahun 1985 di Jalan Hayam Wuruk Jakarta. Kini merek berlogo DD itu sudah memiliki 200 gerai yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi.
Sedangkan J.CO Donuts yang melakukan opening pertama kali di Supermall Karawachi Tangerang, Banten tahun 2005 itu mengklaim telah memiliki 232 gerai yang tersebar di seluruh nusantara. Selain itu melakukan ekspansi di Singapore, Malaysia, Filipina, Arab Saudi dan China sejumlah 37 gerai.
J.CO Donuts walaupun sama-sama menawarkan donat seperti Dunkin' Donuts, namun ia membuat diferensiasi. Jika Dunkin lebih pada donat klasik yang padat tetapi J.CO lebih modern, donat lebih lembut dan banyak varian topping.
Brand berlogo burung merak itu mengusung konsep boutique bakery dan coffe shop ditunjang dengan konsep open kitchen, yang membuat konsumen di sekitar gerai J.CO sudah mencium aroma bakery.
Akankah Dunkin' Donuts masih bertahan dengan model bisnis yang saat ini dilakukan? Dunkin terkesan tergeser oleh J.CO. Gerai Dunkin banyak ditemukan di spot kelas dua sementara pesaingnya menempati tempat-tempat berkelas.
Kasus bisnis donat menyadarkan kita untuk selalu mewaspadai akan munculnya pesaing baru. Namun di sisi lain perusahaan yang mampu membuat produk berbeda, unik dan konsep yang menarik mampu memikat pelanggan sekalipun itu brand lokal.