"Salah satu kelemahan pemilik bisnis adalah tidak puas atas kinerja organisasi."
Ketidakpuasan itu menyebabkan pemilik bisnis berpikir keras untuk melakukan terobosan bisnis. Apalagi ketika ia bertemu dengan rekan bisnis yang menawarkan peluang baru dalam bisnis.
Ia menerima tawaran itu tanpa studi yang mendalam. Toh, bisnis yang dijalankan sudah cukup memadai dalam hal keuangan untuk membiaya bisnisnya dan unit bisnis yang baru. "Siapa tahu bisnis baru menjanjikan" ujarnya dalam hati.
Pemilik bisnis tidak sadar bahwa itu sebuah jebakan yang akan menggerus bisnis yang sudah berjalan, jika bisnis barunya tidak terkait dengan core businees yang sudah berjalan, maka akan berisiko besar.
Ada sebagian pemilik bisnis yang ceroboh dalam menentukan diversifikasi bisnis yang ada, bukan untung namun buntung! Lain halnya dengan bisnis yang sudah berjalan dengan baik. Pertanyaannya "apa parameternya?"
Jika kinerja perusahaan bagus yang ditandai dengan peningkatan cash flow dan harga saham meningkat, apakah itu berarti manajemen telah melakukannya dengan baik? Mungkin manajemen merasa puas atas pencapaian, namun pesaing sedang berpikir bagaimana mengalahkannya.
Kemudian apakah manajemen tahu apa yang menyebabkan kinerja perusahaan baik dan apa saja yang harus diperbaiki? Untuk mengetahuinya maka perlu diadakan komparasi dengan perusahaan yang sejenis dan lebih baik. Tanpa membandingkan maka manajemen tidak tahu posisi brand di antara pesaing.
The Enduring Success Project
Adalah Chistian Stadler, guru besar manajemen strategis dari Warwick Business School, Hans Hinterhuber, guru besar industri manajemen dari University of Graz dan Franz Mathis, guru besar sejarah ekonomi dan sosial di University of Innsbruck melakukan penelitian.
Bagaimana kalau 3 profesor melakukan penelitian? Mereka bersama dengan tim peneliti melakukan survei selama 4 tahun terhadap perusahaan-perusahaan tertua dan terbaik di Eropa yang mereka sebut dengan The Enduring Success Project.
Tujuan dari penelitian ini untuk memahami mengapa beberapa perusahaan berhasil mencapai tingkat tinggi dalam jangka waktu yang lama. Apa yang dapat dipelajari dari perusahaan tersebut, apa yang mereka lakukan dibandingkan dengan perusahaan lama dan besar lainnya, walaupun sukses namun tidak begitu luar biasa.