Mohon tunggu...
Krisanti_Kazan
Krisanti_Kazan Mohon Tunggu... Guru - Learning facilitator

Mencoba membuat jejak digital yang bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pendidikan Berbasis Student-Centered, Mendidik Tanpa Memanjakan

27 Juni 2024   22:03 Diperbarui: 28 Juni 2024   13:11 4032
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ILUSTRASI Pendidikan berbasis student-centered | Image by jcomp on Freepik

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mengubah dunia." -- Nelson Mandela.

Pendidikan berbasis student-centered bukan sekadar tren dalam dunia pendidikan, tetapi sebuah pendekatan revolusioner yang menempatkan murid sebagai pusat dari proses belajar mengajar. 

Dalam pendekatan ini, murid tidak lagi hanya menjadi penerima pasif dari pengetahuan yang diberikan oleh guru, melainkan menjadi agen aktif yang terlibat dalam setiap aspek pembelajaran. 

Tujuannya adalah menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan murid untuk mengeksplorasi, berinovasi, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

 "Disiplin adalah jembatan antara tujuan dan pencapaian." -- Jim Rohn.

Namun, penting untuk diingat bahwa pendidikan berbasis student-centered tidak berarti memanjakan murid. Memahami perbedaan antara mendukung dan memanjakan sangat krusial dalam pendekatan ini. 

Guru harus mampu membimbing murid dengan penuh empati dan ketegasan, memberikan tantangan yang tepat untuk mendorong perkembangan mereka tanpa terlalu banyak campur tangan. 

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pendidikan berbasis student-centered dapat mendidik murid secara efektif tanpa membuat mereka manja, serta memberikan panduan praktis bagi para pendidik untuk menerapkan pendekatan ini di kelas mereka.

Memahami Pendidikan Berbasis Student-Centered

Konsep Dasar

Pendidikan berbasis student-centered berfokus pada kebutuhan, minat, dan kemampuan individual murid. Prinsip-prinsip utama dari pendekatan ini meliputi pembelajaran yang personal, keterlibatan aktif, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis. 

Dalam pendekatan ini, murid diberi ruang untuk mengeksplorasi, bertanya, dan mencari solusi sendiri, sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan problem-solving dan kemandirian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun