Mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 19 UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) dalam proker unggulan KKN-T Pendampingan UMKM melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Inovasi Produk dan Packaging pada UMKM. Pada kegiatan ini terdapat Pelatihan Pembuatan Label untuk Produk, Rebranding Produk, Inovasi Pembuatan Packaging Terbaru, dan Pelatihan Pemasaran Melalui Digital Marketing yang di tujukan kepada UMKM Dusun Ngrancang, Desa Dadapan, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi. Dalam Pelaksanaannya, kegiatan ini di laksanakan oleh Mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 19 yakni terdiri dari 21 orang Mahasiswa.
Di era modern saat ini muncul tantangan bagi masyarakat terutama pelaku UMKM, di karenakan pelaku UMKM secara tidak langsung di tuntut untuk terus berinovasi dalam meningkatkan produktivitas dan pemasaran produk usaha UMKM agar usahanya dapat terus maju dan berkerkembang serta dikenal oleh masyarakat baik dalam kota maupun luar kota. Dengan adanya UMKM yang berada di Dusun Ngrancang, Desa Dadapan, kita dapat membantu dalam Pelatihan Pembuatan Label Produk, Rebranding Produk, Inovasi Pembuatan Packaging Terbaru, dan Pelatihan Pemasaran Melalui Digital Marketing sehingga Produk UMKM Dusun Ngrancang bisa menarik konsumen agar lebih populer dan dapat menjangkau masyarakat luas melalui inovasi packaging, branding merek dan melalui media sosial. Kegiatan ini ditujukan kepada UMKM Dusun Ngrancang dengan mengembangkan pemasaran melalui media sosial seperti WA Bussines, Facebook, Instagram, Tiktok dan Marketplace supaya lebih mudah dikenal masyarakat luas yang sebelumnya pemasaran hanya di lakukan dalam lingkup dusun dan desa.
Tujuan Kelompok 19 KKN-T MBKM UNIPMA dengan ketua pelaksana kegiatan Silvia Wulandari Prodi Manajemen memilih proker ini yang di dampingi oleh Ibu Dr. Ratih Christiana., S.Pd, M.Pd selaku dosen pendamping KKN ingin membantu pelaku UMKM Dusun Ngrancang dalam Pelatihan Pembuatan Label Produk, Rebranding Produk, Inovasi Pembuatan Packaging Terbaru, dan Pelatihan Pemasaran Melalui Digital Marketing, sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran yang memanfaatkan media sosial. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2023 sampai dengan tanggal 7 Januari 2024.
Kegiatan ini juga dapat membantu mahasiswa untuk lebih terampil dan kritis dalam menghadapi permasalahan yang ada , dan memberikan solusi sehingga dapat meningkatkan rasa kepedulian sosial, lebih kreatif dan inovatif.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H