Mohon tunggu...
Karen Kamal
Karen Kamal Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Nama saya Karen Kamal dan saya seorang pelajar yang sedang bergelut dalam industri start-up. Sehari-hari saya habiskan pergi ke kampus, les, dan browsing sambil ditemani secangkir kopi. Kontak saya : hello@karenkamal.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Activorm: Satu Lagi Startup Baru Karya Anak Indonesia

17 Desember 2013   15:10 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:49 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama Activorm sendiri bisa dibilang cukup unik karena disingkat dari kata "Activation Platform." Kata "Activation Platform" berarti suatu wadah, media untuk mengaktivasi suatu hal. Rupanya Activorm adalah platform untuk mengaktivasi akun jejaring sosial milik merchant. Suatu akun jejaring sosial dikatakan aktif apabila followersnya tergolong banyak dan cukup aktif untuk share atau comment di konten yang diposting oleh pemegang akun. [caption id="attachment_299358" align="aligncenter" width="617" caption="Website Activorm "][/caption]

Di era teknologi sekarang ini, sudah banyak perusahaan atau merchant yang mulai menyadari betapa pentingnya memiliki akun jejaring sosial yang aktif karena dari situ bisa menambah traffic ke website perusahaan, branding merek yang dimiliki perusahaan, dan gol utama yaitu meningkatkan penjualan. Dengan pertumbuhan pengguna jejaring sosial di Indonesia, tentunya ini menjadi peluang emas bagi perusahaan yang sudah mampu mengaktivasi akun jejaring sosialnya. Namun bagaimana nasib perusahaan kecil (startup) yang baru memulai usahanya? Di sinilah Activorm berperan penting bagi perusahaan kecil. Dengan platform yang disediakan oleh Activorm, perusahaan (merchant) dapat mengadakan kampanye pemasaran (marketing campaign) yang paling populer saat ini yaitu giveaway dengan sangat mudah. Activorm menyediakan form sederhana yang hanya perlu diisi merchant dalam waktu 5 menit setelah mengoneksikan akun jejaring sosial mereka. Selanjutnya kampanye pemasaran ini akan disebut sebagai project di Activorm. Untuk bergabung ke dalam project Activorm, user harus melakukan 3 langkah sederhana yang biasa dikenal dengan Engagement-Actions (Like Facebook Fanpage, Follow Twitter, Share Content, dan lainnya) yang kemudian user akan mendapatkan 1 tiket undian. Tiket undian akan diundi di akhir periode Project dan pemenang yang diumumkan akan mendapatkan hadiah yang dijanjikan dalam project Activorm oleh merchant. Mengapa Project Undian Berhadiah atau Giveaway? Karena aktivasi user sangat mudah dilakukan jika ada hadiah yang menarik. Karena kenyataannya semua orang suka hadiah. Hadiah menimbulkan rasa bahagia, rasa senang terhadap suatu merek. Dari situlah perusahaan (merchant) mengharapkan aktivasi akun sosial media dari 3 Engagement-Actions yang dilakukan user menuju tiket undian. Untuk saat ini sistem dari website Activorm masih tertutup untuk publik karena rencana untuk memperbaiki error atau bugs (istilah kesalahan dalam dunia teknologi), namun tidak lama lagi publik akan segera dapat menikmati project dan hadiah yang ditawarkan di website Activorm. Adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia apabila anak-anaknya mampu membangun suatu sistem online dan sekaligus cara baru bagi dunia pemasaran, terutama pemasaran secara online di area jejaring sosial.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun