Mohon tunggu...
Kornelis Ruben Bobo
Kornelis Ruben Bobo Mohon Tunggu... Dosen - Pendeta dan Dosen

Olahraga: Bola Kaki, Volly, Futsal, Badminton, Traveling, Makan, Berkunjung

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Dari Capek, Menyedihkan Hingga Berubah Menjadi Sukacita!

7 Juni 2024   21:25 Diperbarui: 7 Juni 2024   21:41 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kedua perempun menunjukkan ekspresi sukacita. Sumber gambar: unsplash.com/surface

Dari capek dan sedih kemudian berubah menjadi sukacita.  

Itulah kalimat yang saya bisa gambarkan selama proses mengikuti Pelatihan Calon Auditor AMI Berbasis SPMI PT 2024.  Bukan berarti tidak ada senang dan serunya.  

Namun, saya mau jujur tentang pengalaman yang saya alami saat mengikuti Pelatihan Auditor Mutu Internal (AMI).  Sebagaimana yang pernah tsaya ulis di salah satu artikel sebelumnya berjudul, Pelatihan Calon Auditor AMI Berbasis SPMI PT 2024: Persiapan dan Harapan!

Mengapa capek?  Karena kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari, 30 Mei - 1 Juni 2024.  Dalam durasi setiap hari yang cukup padat.  Mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.00 WIB.  Ada waktu-waktu istrihat.  

Namun, duduk di depan laptop selama berjam-berjam untuk mengikuti pemarapan materi, bukanlah suatu pekerjaan yang mudah bagi saya. Belum lagi ada sesi tanya jawab sebagai bagian dari interaksi proses pelatihan ini. 

Di hari pertama, sesi didominasi dengan penyampaian materi seputar SPMI (Sistem Penjamin Mutu Internal).  Misalnya tentang SPMI itu sendiri, Kebijakan AMI, Perencanaan dan Pelaksanaan AMI hingga membahas tentang Kode Etik AMI dan AMI berbasis Resiko.    

Di sesi pemaparan materi, sangat dinamis dan interaktif.  Di mana sejumlah peserta mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan. Dan setiap Nara Sumber memberikan jawaban yang tepat. 

Selain itu, terdapat sesi diskusi kelompok di breakout room.  Saya berada di kelompok A2 yang terdiri atas 11 orang.  Kami didampingi oleh satu fasilitator yang menolong proses diskusi dan pelatihan AMI di kelompok kami.

Tidak hanya capek, saya pun sedih.  Mengapa?  Karena hasil Post Test yang dikirimkan menjadi pertimbangan utama saya dinyatakan tidak lulus.  Untuk Lulus AMI di pelatihan kali ini, terdapat 3 kriteria yaitu kehadiran 100%, interaksi (diskusi) minimal 70 point, Post Test minimal 70 point juga. 

Pada tanggal 4 Juni 2024, saya mendapatkan email dari panitia.  Di mana persentase kehadiran saya sebanyak 100%, nilai post test sebesar 68.  Dan nilai diskusi sebesar 82,8125.  Dan di kolom paling ujung, yakni kolom Predikat Kelulusan dinyatakan: TIDAK LULUS.

Saat membaca email ini, saya sedih.  Karena berdasarkan kalkulasi pribadi selama mengikuti pelatihan ini, harusnya saya lulus. Namun, itulah hasilnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun