Sneakerhead, sebutan bagi orang yang hobi mengoleksi sneakers. Koleksi para sneakerhead biasanya beragam nominalnya, mulai dari ratusan ribu, puluhan, ratusan juta, hingga miliaran rupiah. Daya beli masyarakat yang tinggi menyebabkan sneakerhead banyak ditemui belakangan ini, sehingga jasa pencucian sepatu atau shoes laundry menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, bahkan tidak memerlukan modal yang begitu besar, karena usaha tersebut lebih mengandalkan skills.
Ada beberapa jasa yang ditawarkan dalam bisnis cuci sepatu, di antaranya:
1. Fast cleaning
Fast cleaning adalah jasa mencuci sepatu hanya di bagian luar dan solnya saja, agar sepatu terlihat bersih kembali. Biasanya jasa yang satu ini dapat ditunggu karena proses pengerjaannya cepat.
2. Deep cleaning
Deep cleaning adalah jasa mencuci sepatu secara menyeluruh, mulai dari bagian luar hingga dalam. Prosesnya biasanya memakan waktu beberapa hari.
3. Repaint
Jasa ini bertujuan untuk memberi warna kembali pada sepatu yang telah kusam, sehingga sepatu terlihat seperti baru kembali.
4. Unyellowing
Jasa ini bertujuan untuk menghilangkan warna kuning yang biasanya sering ada di sol yang berwarna putih. Jika kamu ingin membuat sol sepatumu menjadi berwarna putih bersih lagi, maka layanan ini cocok untukmu.
5. Recolor
Jika kamu bosan dengan tampilan dan warna sepatumu, maka kamu bisa memberi warna baru pada sepatu sesuai dengan keinginanmu. Alhasil, sepatu terlihat seperti baru dan fresh!
Nah, walaupun usaha cuci sepatu termasuk usaha yang menjual jasa, bukan berarti usaha seperti ini tidak bisa memiliki merek. Nama dari usaha cuci sepatu ini yang dapat dijadikan merek dagang. Merek dagang baiknya didaftarkan sebelum jasa dikenalkan ke pasar, agar meminimalisir adanya plagiarisme dari pesaing bisnis yang menggunakan merek yang sama, juga agar jasa yang diedarkan mendapat perlindungan hukum.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H