Pengembangan Kehidupan Efektif Sehari-hari (KES) merupakan obyek praktis spesifik pelayanan konseling. KES mencakup semua kegiatan, perbuatan dan tingkah laku manusia yang mengandung kompetensi, terencana dan bersasaran. Berfungsinya KES akan mendukung individu sepenuhnya untuk mandiri dan berkembang optimal. Dalam cara sebaliknya, kehidupan efektif sehari-hari yang terganggu (KES-T) akan menjadi penyebab lemahnya kemandirian dan menghambat perkembangan individu. KES dan KES-T merupakan fokus Pelayanan Konseling di sekolah maupun di luar sekolah.
Individu dengan KES tinggi menggunakan waktu dan seluruh sumberdaya diri secara efektif dan efisien dalam kehidupannya sehari-hari menjalani berbagai kegiatan yang menjadi tugas-tugas hidupnya. Hal ini antara lain tampak pada:
- Kemampuan pribadinya memilih respon-respon yang tepat dalam menghadapi lingkungan;
- Kondisi mental atau psikologis yang sehat ketika menghadapi berbagai masalah;
- Berfungsi baik dalam menjalankan peran-peran kehidupannya;
- Memiliki integritas ego;
- Menyadari bahwa tindakan-tindakan yang diambilnya adalah benar dan ke arah tujuan yang benar;
- Memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan kondisi;
- Mampu melakukan tindakan-tindakan untuk mencari solusi suatu masalah;
- Tanpa topeng atau apa adanya dalam interaksi dengan lingkungan;
- Memiliki kebiasaan-kebiasaan yang efektif.
Pribadi yang efektif memiliki kesadaran diri yang tinggi terhadap kebiasaan-kebiasaannya sehari-hari, mampu memutuskan yang terbaik, dan mengarahkan dirinya. Dihubungkan dengan kemandirian, KES berfungsi dalam ciri-ciri kemandirian individu. Individu dengan KES yang tinggi dengan sendirinya merupakan pribadi yang mandiri, dan berlaku sebaliknya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H