Anselina Sima
Anselina Sima Mohon Tunggu... Lainnya - I'm a littel woman

Just writing everything in my mind

Si Pendaki Pemula

3 Januari 2023   21:00 Diperbarui: 3 Januari 2023   21:03 142
Diambil oleh : Anselina Sima

Oktober 2021 merupakan hal yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Memberanikan diri pertama kali dalam hidup untuk melakukan pendakian. Pendakian pertama saya tertuju kepada gunung yang disebut dengan sunrise terbaik di Jawa Tengah. Mungkin kaum pendaki sudah tidak asing akan sebutan gunung ini. Gunung Prau dengan ketinggian 2565 Mdpl, tidak hanya menawarkan sunrise yang begitu indah tetapi membuat mata saya tercengang dengan begitu indahnya pemandangan yang disugukan selama perjalanan.

Jarak tempuh dari base camp ke puncak dapat ditempuh selama 3 - 4 jam berjalan kaki dengan melewati 3 pos. Para pendaki dapat naik ojek jika ingin lebih cepat sampai ke gerbang hutan. Tapi karena saya dan teman teman memutuskan untuk berjalan kaki dari base camp ke gerbang hutan. Kami memulai perjalanan di jam 7 malam selama perjalanan kami mengandalkan senter yang kami bawa. Perjalanan kami melewati rumah penduduk, kemudian melewati hamparan kebun sayuran petani di bawah lereng gunung prau. Walau pencahayaan begitu terbatas, tidak menurunkan semangat kami untuk berjalan ke gerbang hutan

Perjalanan dari base camp ke gerbang hutan itu ditempuh selama 1 jam lebih, kemudian pos 1 ke pos 2 ditempuh kisaran 30 sampai 40 menit. Pos 2 ke pos 3 itu kisaran 45 menit lamanya. Dari pos 3 untuk sampai ke area camp kami melewati tangga yang memudahkan pendaki pemula seperti saya untuk sampai ke tujuan. Sesampainya di area camp kami mendirikan tenda dan makan malam kemudian istirahat.

Pukul 5.20 pagi WIB kami bangun untuk melihat sunrise yang ditawarkan oleh Gunung Prau. Pukul 6 pagi WIB kami melanjutkan perjalanan ke arah puncak untuk melihat pemandangan lainnya. Sejauh mata memandang kami disuguhkan oleh hamparan sabana yang begitu indah. Sesampainya di puncak kami berfoto kemudian bergegas kembali ke area camp untuk merapikan tenda dan barang - barang kami. Setelah semuanya beres kami tidak lupa untuk membawa sampah kami turun, teman - teman yang ingin mendaki jangan lupa membawa kantong sampah agar tetap menjaga kebersihan alam yang ada disana.

Perjalanan turun kembali ke bas ecamp itu kisaran jam 10 pagi setelah kami sarapan dan mengabadikan momen bersama - sama. Panas terik matahari tidak menurunkan semangat kami untuk berjalan menuju base camp, walau tenaga sudah hampir habis tapi semuanya kembali terbayarkan dengan pemandangan yang begitu indah selama kami berjalan turun. Terdapat air pancuran setelah melewati tangga dimana airnya begitu jernih dan dapat diminum langsung. Sesampainya di gerbang hutan kami sedikit beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju base camp. Di base camp kami langsung bersih bersih, terdapat kamar mandi untuk para pendaki disana.

Menurut saya, sebagai pendaki pemula sangat luar biasa pengalaman yang disuguhkan oleh gunung prau. Sangat terjangkau untuk para pendaki pemula, karena jalannya tidak terlalu sulit dan tidak membuat kaget untuk pendaki pemula seperti saya. Jadi, yang ingin melakukan pendakian pertama sangat disarankan untuk mendaki ke gunung prau.