Gramedia memperingati hari ulang tahunnya ke-53, di Gramedia Mataraman, Jakarta, Kamis (02/02/2023). Di usia 53 tahun Gramedia berupaya lebih dekat dengan masyarakat.
CEO Group of Retail and Publishing Gramedia Priyo Utomo mengatakan usia 53 tahun semakin meneguhkan peran Gramedia di tengah masyarakat untuk mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat Indonesia.
"Sebuah bangsa akan maju, jika tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tetapi juga infrastruktur peradaban. Dengan membangun perpustakaan dan menyediakan berbagai informasi, bacaan, literasi yang mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat. Itulah posisi dan peran strategis Gramedia di tengah perkembangan Indonesia seperti saat ini," Katanya saat membuka perayaan HUT ke-53 Gramedia.
Karenanya, dikatakan Priyo, usia 53 Gramedia bertekad lebih dekat dengan masyarakat dan lebih baik lagi hingga 50 tahun ke depan.
"50 tahun pertama sudah dilewati. 50 tahun ke depan harus lebih baik lagi. Kata kuncinya ada 2. Satu, relevan. Dua, adaptif. Selama Gramedia bisa membuat dirinya selalu relevan dan bisa dengan luwes menyesuaikan diri di tengah zaman yang selalu berubah," kata Priyo.
Perayaan ulang tahun Gramedia kali ini berlangsung selama empat hari, 2 hingga 5 Februari 2023, dengan serangkaian kegiatan seru dan menarik yang dibalut dalam tajuk "Lebih Dekat Festival", sebuah aktivasi yang diinisiasi dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-53 Gramedia.
Festival ini sendiri merupakan bentuk sinergi Gramedia dengan literasi, seni, masyarakat, serta akselerasi bisnis usaha mikro dan menengah.
Pada 3 Februari, misalnya, Gramedia mengajak masyarakat penggiat literasi, penulis, dan Taman Baca Masyarakat DKI Jakarta untuk turut hadir dalam kegiatan Kupas Naskah dan Talkshow Kepenulisan GWRF x GWP yang bisa diikuti oleh para penulis muda Indonesia, Signing "Srikandi Indonesia Bertaruh Nyawa", Pentas Anak, Read Aloud Bookish Play, dan Workshop Mendongeng yang bisa diikuti oleh anak-anak dari Taman Baca Masyarakat.
Kemudian pada 4 Februari akan ada talkshow bertema "Let's Talk About Working Woman Stories in Metropop" oleh Nina Ardianti (The Dating Game) dan Almira Bastari (Home Sweet Loan), Meet and Greet dengan para penuis dari Gagas Media, dan bedah Buku Rumus Juara oleh Mischka dan Devon.
Hari selanjutnya Sisca Soewitomo sang legenda kuliner Indonesia juga akan hadir dan menampilkan cooking demo dengan tema "Menu Nostalgia ala Sisca Soewitomo".
Tidak hanya itu, akan ada juga sesi book talk seputar self-improvement bersama Puty Par (Tips PDKT Sama Diri Sendiri), HeloBagas (Nanti Juga Sembuh Sendiri), dan Valerie Patkar (Tebar Cinta Dengan Cerita). Rangkaian ulang tahun Gramedia ini akan ditutup dengan penampilan dari komika Indonesia di Stand Up Indo dan music performance oleh Nadine Amizah.
Adapun perayaan ulang tahun ke-53 Gramedia dilaksanakan secara hybrid dan serentak di 3 toko Gramedia berbeda, yaitu Gramedia Matraman, Gramedia Pakuwon Jogja, dan Gramedia Pettarani Makassar.
Selain itu Gramedia bekerja sama dengan Forum Taman Baca Indonesia untuk memberikan donasi pelanggan berupa paket buku ke 53 titik kota di Indonesia, sekaligus menyalurkan donasi wakaf 1.000 Al Quran untuk 10 pesantren yang membutuhkan.
Tak ketinggalan Gramedia juga memperkenalkan Gramedia Affilaite, sebuah program promosi produk-produk Gramedia ke sesama pengguna.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H