Penyelenggaraan Harbolnas telah usai, ada yang menyimpan suka maupun duka dari hari paling dinanti para pencari potongan harga di ranah maya tersebut. Kebanyakan mereka yang tak suka dengan perayaan kemarin menganggap bahwa harga telah dinaikkan sebelumnya, sehingga ketika barang telah di beri potongan, perbedaannya tak terlalu mencolok.Â
Produk-produk barang elektronik selalu menjadi incaran utama para pembeli pada Harbolnas di setiap tahunnya. Gawai seperti ponsel, tablet, dll. kerap menduduki peringkat pertama barang yang paling dicari selama momen ini.Â
Harbolnas kini telah menjadi agenda wajib setiap tahun. Banyak yang menganggap Harbolnas adalah gebrakan baru dalam transaksi era digital dengan potongan harga yang melimpah namun banyak juga yang skeptis terhadap "hari raya" para pelaku e-commerce ini. Namun ternyata banyak fakta menegangkan dari gelaran Harbolnas tahun ini. Berikut, lima artikel tentang Harbolnas tahun ini.
1. Harbolnas dan Diskon Abal-abal
Seharusnya, kritik atas penjualan harbolnas dilayangkan pada pengelola e-commerssebagai inisiator terselenggaranya hari belanja online ini. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, setidaknya pengelola situs memberi standart harga penjualan.
Menggandeng mitra kerja lain juga bermanfaat, setidaknya dapat menekan ongkos pengiriman serta memberi hadiah tambahan bagi para pembeli. Bagaimana cerita selengkapnya? Simak ulasannya pada tautan di bawah ini.
2. Demo 12.12, Demo Harbolnas yang Menggiurkan
Ketertarikan manusia sepertinya berfokus pada benda-benda. Ditengah fakta tersebut, banyak jiwa meronta dan tak kuat melawan arus matrealisme. Diantara mereka ada yang bunuh diri akibat rutinitas yang tak ubah walau telah dilakukan berpuluh-puluh kali.
Menjadi bagian dari Harbolnas sah-sah saja, tapi kita harus ingat untuk apa barang itu dibeli, untuk memenuhi kebutuhan atau semata melampiaskan hasrat? Simak ulasan lengkapnya pada tautan di bawah ini.
3. Fakta Menarik Tentang Harbolnas
Banyak pembeli juga sering tidak bisa berhenti ketika mengetahui banyak barang yang mendapat potongan harga. Setelah bertarung dengan pembeli lain, konsumen bercucuran air mata setelah melihat jumlah uang keluar dari kantung mereka.
Lalu, apa lagi fakta unik seputar Harbolnas kemarin? Simak ulasan lengkapnya pada taudatn di bawah ini.
4. Ciptakan Kepercayaan Belanja "Online" (Refleksi Harbolnas)
Memang, kebijakan untuk menggalakan pertumbuhan e-commerce di dalam negeri telah digaungkan oleh presiden melalui paket kebijakan ke 14 tentang e-commerce tahun 2016. Seharusnya kegiatan Harbolnas ini menjadi satu ajang branding bagi perusahaan e-commerce sehingga mendapat kepercayaan dan pelanggan baru.
Bagaimana kisah selengkapnya? Simak ulasan lengkapnya pada tautan di bawah ini.
5. Strategi Cerdas Belanja "Online" Saat Harbolnas
Pertama, registrasi newsletter agar kita mendapat info tentang diskon-diskon tak terduga dari e-commerce. Kedua, membuat daftar belanjaan. Tujuannya agar kita bisa berhenti membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan karena tergiur dengan label potongan harga di produk tersebut.
Masih banyak strategi berbelanja online lainnya di momen Harbolnas, bagaimana ulasan lengkapnya? Silakan buka tautan di bawah ini jika Anda kepo dengan  artikel ini.
(LUK/yud)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H