Sejak pandemi pada pada 2020, Kompasiana terus mengalami peningkatan jumlah penayangan konten akademis yang dihasilkan oleh penulis muda dari segmen pelajar serta mahasiswa. Tercatat, ada lebih dari 75 ribu penulis dari 136 sekolah dan universitas di Indonesia yang telah menghasilkan 64 ribu konten per tahun.
Melihat antusiasme ini Kompasiana ingin mengekskalasi peluang dan keterampilan mahasiswa dalam membuat konten yang berkualitas. Hal itu diwujudkan melalui penandatanganan MoU bersama Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta) untuk pelaksanaan program Kampusiana yang akan diselenggarakan di UPN Veteran Jakarta pada 21 Februai 2023 mendatang.
Menyambut hal ini COO Kompasiana Nurulloh mengatakan sejak awal Kompasiana memiliki visi dan misi menjadi saluran bagi masyarakat dalam mengutarakan ide, gagasan, dan berbagi informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, sekaligus menjadikan ruang interaksi yang positif.
"Seturut dengan itu, melalui program Kampusiana ini kami berharap dapat menumbuhkan minat dan perhatian pelajar maupun mahasiswa dalam dunia literasi. Tidak hanya itu, sebagai generasi muda yang mendominasi ruang digital saat ini, mereka diharapkan dapat membangun interaksi yang berdampak baik ke lingkungannya baik melalui pembuatan konten maupun dalam berinteraksi," katanya.
Kampusiana merupakan program Kompasiana yang ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan pelajar dan mahasiswa agar dapat meningkatkan keterampilan dalam membuat konten serta membuka peluang dari potensi yang dimiliki dengan berbagai rangkaian, mulai dari Goes to Campus, KlasMiting, Creator Academy, hingga Kompasiana Youth Creator,
Dalam Goes to Campus nantinya Kompasiana bersama Kompas Gramedia akan mengunjungi kampus-kampus di Indonesia baik secara luring maupun daring untuk memberikan sekaligus berbagi seputar dunia penulisan kreatif.
Kemudian pada program KlasMiting peserta akan ikut serta dalam sebuah kompetisi secara individu maupun berkelompok yang mewakili masing-masing kampus. Akan ada Writing & Video Competition, hingga Kompetisi Cerdas Cermat.
Pemenang dari seluruh kompetisi akan berhak untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu Creator Academy, sebuah program yang mewadahi para pemenang kompetisi untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pembuatan konten dan komunikasi langsung dari praktisi di bidangnya masing-masing.
Terakhir, Kompasiana Youth Creator. Sebuah kesempatan untuk menjadi  influencer di Kompasiana hingga berpeluang berkarier di  Kompas Gramedia.
Adapun nota kesepakatan ini dilakukan oleh COO Kompasiana Nurulloh dan Asisten Manager Marketing Communication Kompasiana Rahmanda Maryudie Arief bersama Kepala Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Dr. Fitria Ayuningtyas, M.Si, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Dr. Witanti Prihatiningsih, M.I.Kom, dan PIC MBKM Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Anindita Lintangdesi Afriani, M.Si