[caption id="attachment_142047" align="aligncenter" width="640" caption="Ilustrasi/Admin (Shutterstock)"][/caption] Menjelang ulang tahun ke-3, Kompasiana melakukan beberapa penyempurnaan pada Tata Tertib. Perbaikan utama dilakukan pada bagian Term & Condition untuk mengakomodasi berbagai kritik dan saran dari para Kompasianer. Ini dilakukan mengingat Term & Condition terdahulu masih menyisakan beberapa celah untuk pelanggaran yang mengganggu kenyamanan beraktifitas di Kompasiana. Mengakomodasi berbagai kritik dan saran dari para Kompasianer, saat ini Kompasiana membagi Term & Condition atau Tata Tertib menjadi dua bagian, Ketentuan Layanan untuk mengatur hal-hal yang bersifat legal/hukum dan Ketentuan Konten untuk mengatur hal-hal etis dan teknis terkait aktifitas pengunggahan konten di Kompasiana. Berdasarkan pengalaman atas berbagai kejadian selama dua tahun terakhir, penyempurnaan terbanyak dilakukan pada Ketentuan Konten. Penyempurnaan pertama adalah pada ketentuan untuk memerangi aksi plagiarisme. Walaupun telah dipahami bersama aksi plagiarisme adalah musuh besar di berbagai bidang ilmu dan profesi, kejahatan ini masih kerap terjadi di Kompasiana. Motif yang paling sering dijumpai adalah menggunakan ide dan alur tulisan orang lain dengan perubahan di berbagai detil untuk menciptakan kesan baru dan mengelabui pembaca, admin, maupun mesin pencari. Yang kedua adalah mengenai salin tayang (copy-paste) tulisan hasil karya orang lain. Kompasiana sangat menghargai sebuah orisinalitas karya sang pemilik akun. Tindakan salin tayang diperkenankan sejauh hal tersebut dilakukan untuk memperkuat ide atau pendapat pribadi. Untuk sebuah postingan, Kompasiana menganut kesepakatan umum tak tertulis tentang perbandingan karya orisinal dan karya orang lain 80:20. Kompasiana juga menekankan pentingnya penyebutan sumber untuk karya orang lain. Penyempurnaan ketiga adalah ketentuan mengenai interaksi antarpengguna. Interaksi negatif berupa postingan dan komentar flaming (berisi pernyataan kasar, mencela, menimbulkan rasa tidak nyaman), spamming (pesan berantai), penghapusan komentar yang mengkritik atau beda perspektif, postingan berisi kabar hoax atau isu sensitif yang tidak disertai kesiapan berinteraksi masih sering terjadi di Kompasiana. Hal-hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan banyak pengguna. Menjaga kenyamanan bersama selalu berkorelasi positif dengan terciptanya kenyamanan pribadi. Berangkat dari hal tersebut, Kompasiana sekali lagi mengucapkan terima kasih pada Kompasianer bersedia untuk berperan serta aktif menjaga kenyamanan beraktifitas di Kompasiana dalam koridor etika universal. Laporkan segala bentuk konten yang melanggar, serta alasan dan bukti yang cukup untuk ditindaklanjuti oleh Admin. (ROB) Silakan baca kembali Ketentuan Konten dan Ketentuan Layanan yang sudah diperbarui di sini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H