Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu... Administrasi - Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Indikasi Uber Bakal Serahkan Bisnis Asia Tenggara ke Grab

19 Februari 2018   11:15 Diperbarui: 20 Februari 2018   11:18 535
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Grab dan Uber dikabarkan bakal merger di Asia Tenggara.

KOMPAS.com - Kabar soal niatan Grab mengambil alih operasional Uber di Asia Tenggara sudah terendus sejak awal 2018. Sempat tak terdengar, kini rumornya semakin kencang berhembus.

Dua sumber dalam mengatakan Uber ingin mengumpulkan duit dari penjualan operasionalnya di Asia Tenggara. Dengan begitu, Uber bisa menggelar saham perdana alias initial public offering (IPO) dengan sukses tahun depan.

Sejak di bawah kepemimpinan CEO Dara Khosrowshahi, fokus Uber memang lebih mengarah ke peningkatan profit dan stabilitas perusahaan. Pasalnya, laporan terakhir menyebut kerugian Uber melonjak 61 persen sepanjang 2017 menjadi 4,5 miliar dollar AS atau setara Rp 60 triliun.

Hal ini tak lepas dari reputasi buruk Uber menyusul bertubi-tubi peristiwa ketika masih dinakhodai Travis Kalanick. Jika terus begini, rencana Uber untuk IPO dan mengumpulkan lebih banyak dana segar bakal tertunda.

Uber pun melancarkan beberapa strategi, salah satunya bermitra dengan beberapa pesaing lokal yang kuat di beberapa negara. Misalnya saja menjual bisnis mayoritasnya ke Didi Chuxing di China dan Yandex di Rusia.

Grab disebut-sebut memanfaatkan strategi baru Uber untuk menegaskan dominasinya di Asia Tenggara. Apalagi, Grab dan Uber sama-sama didanai SoftBank sehingga bisa dibilang mediasinya lancar.

Dalam sebuah konferensi pers di San Francisco, AS, Dara Khosrowshahi mengatakan kompetisi dengan pemain lokal memang sulit. Mau tak mau ia harus mengambil jalan untuk merangkul para pemain lokal daripada adu kekuatan lantas tergerus.

“Jika kami berkompetisi dengan dollar yang sama dengan pemain lokal, seperti membayar sopir dengan harga sama dan menghimpun penumpang yang sama, kami cenderung menang. Kami punya brand, teknologi, dan jaringan yang lebih baik,” kata dia.

“Tetapi untuk beberapa pasar, seperti China dan Rusia, ini tak berlaku. Jika satu-satunya alasan kami untuk bertahan di pasar itu adalah untuk menghamburkan duit, ini bukan alasan yang benar,” ia menuturkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (19/2/2018), dari CNBC.

Hal ini mengindikasikan Uber mulai menerima bahwa tak semua pasar bisa ditaklukkan. Barangkali begitu juga di Asia Tenggara. Kendati demikian, belum ada pernyataan resmi dari Uber maupun Grab soal konsolidasi ini. Kita tunggu saja.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun