Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Ketika FOMO Mengendalikan Dompet: Fenomena di Balik Tren Pembelian iPhone

4 Desember 2024   22:50 Diperbarui: 4 Desember 2024   23:12 84 0
Mempunyai Smartfone Penelitian menunjukan bahwa gaya hidup dan FOMO memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan untuk membeli iPhone. Fenomena Fear of Mising Out (FOMO) berkontribusi signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone, dikalangan generasi generasi muda. Banyak generasi muda beralih ke smartphone iPhone bukan karna kualitas produk akan tetapi juga untuk mengikuti trend yang sama seperti teman sebaya dan influencer, meskipun harga iPhone tergolong harga yang tinggi. Banyak generasi muda yang membeli iPhone hanya untuk bergaya, dan membeli iPhone dengan cara kredit, karena gengsi. Yang disebabkan fomo.

Bisa dikatakan 90% generasi muda Gen Z merasa malu mengunakan Android dan lebih memilih iPhone. Mereka percaya memiliki iPhone adalah hal yang penting, dan ketidak mampuan untuk memiliki iPhone dapat menyebabkan pengucilan didalam pergaulan. Selain itu iPhone juga sangat didorong oleh kebutuhan untuk tampil lebih moderen. Genrasi muda mengganggap citra dari merek iPhone yang banyak dikenal sebagai produk premium menciptakan bahwa pengguna iPhone adalah bagian dari kelompok yang tergolong elite. Secara keseluruhannya, merek iPhone berfungsi sebagai salah satu faktor utama didalam keputusan pembelian dikalangan generasi muda Gen Z, mengatasi pertimbangan harga dan kebutuhan praktis.

Dan ada juga kelebihan dari smartphone iPhone dikenal dengan dengan kualitas yang tinggi, memberikan kesan premium dan tahan lama. Selain itu, sistem operasi iOS memastikan bahwa aplikasi berjalan lancar. Pembaruan rutin dari Apple juga membantu menjaga kinerja tetap stabil di seiring nya waktu. Kelemahan dari iPhone adanya penyimpanan bawaan yang terbatas, bebrapa model memiliki kapasitas enyimpanan yang kecil dan tidak mendukung kartu memori eksternal. Tidak hanya itu baterai iPhone tidak dapat dilepas. Jika baterai bermasalah penguna diharapkan mengunjungi layanan resmi untuk menjalani perbaikan. Harga iphone juga bisa dikatakan memiliki harga yang tinggi, membuat tidak terjangkau untuk bagi banyak orang.

Harga iPhone (2024) terbaru sangat tinggi, dengan model seperti iPhone 16 Pro Max mencapai Rp 24.999.000 dan iPhone 15 Pro Max (2023) seharga 22.249.000. iPhone sendiri ini membuatnya sulit dijangkau orang, terutama di Pasar Indonesia, dimana harga tersebut dianggap bahwa sebagai suatu status simbol sosial. Meskipun kualitas dari iPhone dan spesifikasinya premium, harga yang tinggi menjadi salah satu kelemahan utama dari iPhone dibandingan dengan merek lain yang menawarkan perangkat dengan harga lebih dapat terjangkau. Tidak kalah dari itu Android juga mempunyai banyak kelebihan. Android mempunyai banyak berbagai merek dan model, dan banyaknya pilihan harga dari yang terendah hingga yang tertinggi. Ada salah satu smartphone Android yang harganya hampir sama dengan iPhone 16 Pro Max, yaitu Samsung Galaxy S24 Ultra. Harga Samsung ini saat ini 23.999.000. kelebihan dari Samsung memberikan detail yang luar biasa, memungkinkan pengguna mengambil foto berkualitas. Dilengkapi dengan kamera telephoto serta kamera ultrawide.Dan kemampuan video, dapat merekam dengan hasil yang tajam dan jernih.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun