Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora

K13 dalam Catatan Kegiatan Pelatihan Implementasi K13

4 November 2015   10:56 Diperbarui: 4 November 2015   12:21 618 1
Yang menarik bagi saya adalah ketika terjadi diskusi antara narasumber-peserta maupun antar peserta. Salah satunya adalah “protes” guru “senior”  kepada salah satu narasumber. “Mengapa kita berlatih membuat perangkat pembelajaran seperti ini terus? mengapa tidak berlatih bagaimana kita membelajarkan satu materi pelajaran saja?”. Saya ikut memberi tanggapan, “Menurut saya kita berlatih di sini memang dalam rangka bagaimana mempersiapkan pembelajaran yang akan kita laksanakan, bukan pendalaman materi untuk tema-tema tertentu mata pelajaran. Dalam K13 memang perlu persiapan yang lengkap dalam rencana pelaksaan pembelajaran (RPP) yang sebenarnya dalam pelaksanaannya mempermudah seorang guru karena fungsi guru dalam K13 ini dalampembelajaran lebih sebagai fasilitator. Proses pembimbingan seorang guru merupakan hal yang sangat esensial selama proses pembelajaran sampai dinyakini oleh guru bahwa siswa telah mencapai kompetensi yang diharapkan.” Seorang peserta lain juga menambahkan bahwa menurutnya K13 ini lebih memfokuskan pada bagaimana kompetensi siswa tercapai dengan merencanakan pembelajaran yang melengkapi penilaian secara utuh, yaitu segi spriritual (KI1), sosial (KI2), kognitif (KI3) dan psikomotorik (KI4).”

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun