Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Abjad dengan Media Gambar

30 November 2023   11:38 Diperbarui: 30 November 2023   11:50 170 0
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan anak dalam hal mengenal abjad masih kurang, sehingga belum bisa meningkatkan kemampuan mengenal abjad anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus dengan subyek penelitian Kelompok A TK ABA31 kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada Setiap siklus terdiri dari 5 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi berupa RPPH dan foto-foto kegiatan anak dalam pembelajaran mengenal abjad melalui penggunaan media gambar. Hasil pada pratindakan 30,9%, sementara penelitian pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 69,9%, pada siklus II menjadi 89,9%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal abjad pada anak Kelompok A di TK ABA 31. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun