Kini sudah memasuki tahun 2014. Tahun ini bagi Indonesia akan bertajuk dan bertemakan "Indonesia Memilih". Sesuai jadual yang ditetapkan oleh KPU, tanggal 9 April mendatang akan diadakan Pemilu Caleg untuk periode 2014-2019 kemudian sebagai puncak dari ritual ini adalah Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sebelum memasuki masa Pemilu Anggota Legislatif April mendatang, setiap bakal calon legislatif dan partainya akan berjuang habis-habisan menarik simpati dari masyarakat demi memeroleh dukungan dari rakyat sebagai pemilih dan meraup suara sebanyak-banyaknya. Proses ini disebut dengan Kampanye. Rogers dan Storey (1987) mendefinisikan kampanye sebagai serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan untuk menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. Pada dasarnya kampanye terbagi atas dua yakni
kampanye negatif dan kampanye hitam (black campaign). Kampanye negatif sifatnya menyerang pihak lain melalui sejumlah data atau fakta yang dapat diverifikasi dan diperdebatkan. Sedangkan kampanye hitam sifatnya lebih kepada menjurus ke implementasi propaganda yang bersumber dari rumor dan gosip.
KEMBALI KE ARTIKEL