Media sosial menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Terlebih lagi sejak adanya efek pandemi Covid-19, keberadaan media sosial dalam penggunaannya menjadi cukup beragam. Manusia berlomba-lomba untuk mengikuti trend yang ada. Keberadaan influencer menjadi salah satu faktor bertambahnya aktivitas manusia ke dalam pola trend media sosial di Indonesia (Anjani dan Irwansyah, 2020). Berdasarkan survei internet Indonesia yang dilakukan APJII (2022), terdapat 77,02% tingkat penetrasi internet dalam kurun waktu 2021-2022 yang mana meningkat dari jumlah kurun waktu 2019-2020, yaitu 73,70%. Dari persentase penetrasi tersebut, terdapat 98,02% penggunaan internet digunakan untuk mengakses media sosial. Besarnya jumlah keaktifan manusia pada media sosial memiliki suatu relasi yang tak terpisahkan. Hal ini dibuktikan melalui laporan Digital 2022 yang tercatat bahwa para pengguna media sosial Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 3 jam 17 menit per hari (Kemp, 2022).Â
KEMBALI KE ARTIKEL