Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Indofood Sukses sebagai Salah Satu MNC asal Indonesia

28 Maret 2023   19:34 Diperbarui: 28 Maret 2023   19:37 2112 0
Dalam kehidupan sehari-hari kita kerapkali melihat perusahaan-perusahaan multinasional di banyak kota-kota di Indonesia. Perusahaan-perusahaan tersebut misalnya Adidas, Apple, Kentucky Fried Chicken(KFC), Pizza Hut, McDonalds, dan lain sebagainya. Multinational Corporation di dalam ekonomi politik internasional termasuk aktor yang krusial, terlepas dari peran negara atau state sentris. Tentunya dengan adanya MNC memiliki pengaruh yang besar dalam lingkup internasional, yang mana mampu mengkoneksikan lebih dari satu negara.Dengan adanya MNC menjadi salah satu fenomena yang memiliki pengaruh besar terhadap perdagangan global. Misalnya negara Indonesia dikenal dengan negara yang mempunyai kekayaan alam yang amat melimpah serta jumlah penduduknya yang amat banyak tentunya hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi investor asing untuk menanamkan modal serta berinvestasi di Indonesia. Tentunya suatu negara memerlukan negara lain guna menjalankan kebijakan luar negerinya untuk memajukan kesejahteraan masyarakatnya. Bantuan tersebut diperoleh dapat melalui melakukan kerja sama dengan aktor nasional yang lain.

 Kini Indonesia memiliki beberapa perusahaan multinasional di antaranya adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang mana lebih dikenal dengan sebutan Indofood. Perusahaan ini adalah produsen dari berbagai macam makanan maupun minuman yang berpusat di Jakarta. Salah satu hasil dari perusahaan ini yang amat terkenal adalah Indomie yang menembus perdagangan internasional. Indomie adalah mie instan yang amat disenangi oleh semua kalangan di masyarakat Indonesia, selain itu juga Indomie tersebar sekitar 80-an di berbagai negara lainnya seperti Amerika Serikat,Jerman, Jepang, Nigeria, dan lain sebagainya.
Dengan kepopulerannya, di tahun 2018 Indomie sudah terdapat di market Place Internasional yaitu Alibaba Group yang dikabarkan dengan kepopuleritasannya Indomie, Indofood memperoleh laba sekitar Rp 1,73 T di tahun 2021 yang mana naik sekitar 23 % dari tahun 2020.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun