Covid-19 adalah penyakin yang disebabkan oleh virus korona jenis baru yang disebut sebagai severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 [SARS-CoV-2] yang pertama kali ditemukan atau diindetifikasi dikota Wuhan, China pada Desember 2019. Berdasarkan WHO pada awalnya virus SARS-CoV-2 ini diketahui berasal dari kelelawar yang kemudia virus ini menginfeksi manusia yang selanjutnya diketaui bahwa manusia bisa menularkan virus tersebut ke manusia lainya. Apapun dilangsir darai Alodokter.com Penularan virus ini bisa melalui cara-cara berikut.
1.} Tidak sengaja menghirup percikan luda [droplet]yang keluar saat penderita Covid-19 bersin atau batuk.
2.} Memegang mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena droplet penderita Covid-19.
3.} Kontak jarak dekat [ kurang dari 2 meter] dengan penderita Covid-19 tanpa mengunakan masker.
4.} Melalui aerosol [partikel zat di udara ]. Meski demikian, cara penularan ini hanya terjadi pada prosedur medis tententu, seperti bronkoskopi, intubasi endotrakeal , hisab lendir, dan pemberisn obat hirup melalui nebulizer.
Nah disini kita kembali lagi ke bagaimna sih peran unisa dalam menghadapi  Covid-19
 Dan yang seperti kita ketahui Dampak COVID-19 pada bidang pendidikan terutama di dalam perkuliahan kampus UNISA https://www.unisayogya.ac.id/)  dengan beralihnya sistem pendidikan pada masa COVID-19  dengan metode pembelajaran online. Dengan mengunakan pembelajaran online ini juga bnyak memiliki kendala .Hal pertama yang paling dirasakan terkait kendala yang dihadapi adalah Jaringan internet yang terkadang tidak stabil saat proses pembelajaran berlangsung, tetapi disisi lain perkuliahan secara daring juga memiliki keuntungan seperti fleksibilitas nya, yang mana kita bisa mengakses berbagai materi perkuliahan . Nah peran UNISA dalam menghadapi COVID-19  adalah menciptakan suasana Didalam perkuliahan daring,Mahasiswa bisa menikmati perkuliahan yang terbilang lebih santai karena tidak dilakukan secara formal seperti pembelajaran tatap muka di kelas offline dan juga perkuliahan terbilang lebih efisien,dikarenakan akses kepada berbagai materi perkuliahan dipermudah dan perkuliahan bisa diakses dari kamar sendiri dengan modal internet yang stabil sehingga terbilang jauh lebih efisien baik bagi dosen maupun mahasiswa.Dengan waktu yang terbilang lebih bebas,tidak memakan banyak biaya,serta pembelajarn secara mandiri,tentunya perkuliahan berbasis daring memiliki poin plusnya tersendiri. Dan walaupun pembelajaran di lakukan secara daring kampus unisa juga memberikan yang terbaik di saat pembelajaran daring salah satunya dengan mengunakan E LEARNING yang mana walaupun perkuliahan dilakukan daring tetapi materi dan diberikan sama seperti perkuliahan tatap muka dan beberapa praktek juga dilakukan dengan baik wlaupun dilakukan dengan keadaan daring