Prisoner's dilemma tuh bahasan paling asyik dari kuliah game theory. Di kuliah ini kita dulu kenalan ama model-model matematika (bukan foto model lah pastinye) yang cerita soal interaksi strategis antara aktor-aktor rasional. Prisoner's dilemma kendiri cerita gimana dua aktor rasional ogah kerja sama, padahal kalo kerjasama dua-duanya bakal dapet hasil terbaek.
Jadi ceritanye gini. Ada dua maling ketangkep. Trus, masing-masing diinterograsi di ruangan yang beda, supaya gak bisa saling ngomong trus kompakan. Polisi sebenernya gak ada cukup bukti kecuali cerita maling-maling itu. Ada empat skenario di cerita ini. Pertama, kalo dua-duanya cerita, dua-duanya bakal dapet dua tahun penjara. Kedua, kalo Mali cerita sedang Aling kagak cerita, Aling bakal kena tiga tahun sedang Mali bebas. Ketiga, kebalikan dari skenario dua. Terakhir, dua-duanya gak cerita, polisi gak punya cukup bukti jadi dua-duanya bebas.
Trus, gimane dong akhirnya? Skenario terbaek buat dua maling (bukan buat polisi lah ya) pastinye kalo dua-duanya mingkem aja, gak cerita apa-apa. Tapi apa nak dikata, awak tikus hendak menampar kepala kucing, pingin ngelakuin sesuatu tapi kagak ada daya. Kenyataannya, ane ama ente menderita systemic bias soal perilaku kerja sama. Bias ini bikin kite-kite sulit kerja sama. Makanya dua maling ini masing-masing pilih skenario kedua ama ketiga. Mengkhianati kawan (khianaaaaaati, kayak lagunya Keris Patih) asal bisa bebas sendirian. Systemic bias ini bikin dua maling gak sadar malah jadi jalanin skenario satu.
Trus, gimana urusannya ama pabrikan rokok? Model yang sama berlaku juga ama pabrikan rokok soal pasang iklan. Kita pake asumsi cuma ada dua pabrikan rokok aja ya, kayak dua maling di atas. Biar gak ribet gitu loh. Skenario terbaek buat dua pabrikan pastinya gak usah buang-buang duit buat pasang iklan. Kalo dua pabrikan ini kerja sama, market share dibagi adil berdua aja, gak usah berebutan.
Tapi emang dasarnya manusia gak bisa lepas dari systemic bias, dua pabrikan cenderung milih skenario dua ama tiga. Dua pabrikan gak tahan godaan pasang iklan buat ngerebut market share pesaingnya. Persis kayak dua maling tadi ya. Ujung-ujungnya sama kayak cerita dua maling, dua pabrikan gak sadar kalo udah jalanin skenario satu. Di skenario ini, dua pabrikan keluarin duit banyak, malah gak tahan buat gede-gedean. Tapi market share kagak berubah, tetep gitu-gitu ajah.
Trus, gimana dong pemerintah? Kalo pemerintah ngelarang iklan rokok, sama aja pemerintah maksa dua pabrikan rokok buat jalanin skenario empat. Dua pabrikan kayak dipaksa buat kerja sama. Dua-duanya malah untung kan, gak perlu buang duit buat pasang iklan.
Bukan itu aja bro n sis. Kalo pabrikan rokok gak usah pasang iklan, total cost bakalan turun. Gak salah dong kalo retail price sebatang rokok bakalan turun. Lah kok rokok jadi makin terjangkau ya. Malah makin banyak anak sekolah yang ngerokok kali ya. Ih, ngeri kali bah. Masih ada lagi nih bro n sis. Duit buat iklan yang dikeluarin pabrikan rokok di negeri kita lumayan gede lho. Kalo gak salah cuma kalah ama ongkos iklan provider seluler. Bayangin aja kalo duit gak ngalir lagi ke industri iklan. Bisa pada kelimpungan kali ya.
Btw, makasih ya Pak Menteri dah ngingetin lagi jaman ane kuliah dulu. Eh, asyik bingits nyimaknya. Monggo disruput lagi kopinya, nanti keburu dingin lho.
*1) Kompas - Tentang Pelarangan Iklan Rokok