Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bola Pilihan

Manajemen Branding di Kompetisi Sepak Bola

31 Desember 2016   08:10 Diperbarui: 31 Desember 2016   08:37 207 1
Secara umum, brand atau merek, didefinisikan sebagai, tanda berupa  gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut, yang memiliki daya pembeda, dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. (Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek). Dalam kompetisi olahraga, termasuk sepakbola, merek sebuah kompetisi merupakan identitas kompetisi tersebut. Dilihat dari bentuk dan prosesnya, ada tiga jenis merek, untuk sebuah kompetisi sepakbola. Pertama, merek kompetisi, yang terbentuk karena adanya kesepakatan, antara penyelenggara kompetisi, dan sponsor utama kompetisi. Kedua, merek kompetisi yang terbentuk, karena adanya perubahan format kompetisi. Ketiga, merek kompetisi yang terbentuk, karena dikombinasikannya nama penyelenggara kompetisi, dengan nama kompetisi.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun