Dalam beberapa kesempatan, penulis sering menjumpai ungkapan-ungkapan yang merendahkan nilai guna pelajaran matematika di sekolah. Sebagian orang masih belum mampu menemukan kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari mereka. Padahal, tanpa mereka sadari, matematika memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai persoalan yang sering dihadapi. Kita tidak dapat sepenuhnya menyalahkan opini tersebut karena ada beberapa alasan mengapa matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang tidak berguna. Salah satu penyebabnya adalah metode pengajaran yang terlalu berfokus pada aspek teoretis semata. Pembelajaran matematika sering kali bersifat abstrak, hanya berkutat pada simbol-simbol, rumus, dan prosedur pengerjaan soal yang terasa jauh dari kenyataan kehidupan sehari-hari. Tidak jarang muncul ejekan bahwa orang yang pintar matematika masih kalah cepat berhitung dibandingkan pedagang atau tukang bangunan. Kurangnya penekanan pada aplikasi praktis matematika dalam kehidupan sehari-hari membuat pelajaran ini seolah-olah tidak memiliki manfaat untuk dipelajari, padahal sebenarnya matematika sangat dekat dengan aktivitas sehari-hari.
KEMBALI KE ARTIKEL