Dalam pelaksanaan di dalam kelas pemimpin harus memerlukan adanya prinisp- prinsip dalam supervisi manajerial yaitu manajerial, adalah sebagai berikut a) Pengawas harus menjauhkan diri dari sifat otoriter, di mana ia bertindak sebagai atasan dan kepala sekolah/ practitioner sebagai bawahan. b) Supervisi harus mampu menciptakan hubungan kemanusiaan yang harmonis. Hubungan kemanusiaan yang harus diciptakan harus bersifat terbuka, kesetiakawanan, dan informal. c) Supervisi harus dilakukan secara berkesinambungan. Supervisi bukan tugas bersifat sambilan yang hanya dilakukan sewaktu- waktu jika ada kesempatan. d) Supervisi harus demokratis. Supervisor tidak boleh mendominasi pelaksanaan supervisi. Titik tekan supervisi yang demokratis adalah aktif dan kooperatif. e) Program supervisi harus integral. Di dalam setiap organisasi pendidikan terdapat bermacam- macam sistem perilaku dengan tujuan sama, yaitu tujuan pendidikan. f) Supervisi harus komprehensif. Program supervisi harus mencakup keseluruhan aspek, karena hakikatnya suatu aspek pasti terkait dengan aspek lainnya.
Dengan adanya prinsip supervisi nantinya bimbingan yang di berikan kepala sekolah atau pun pengawas tidak jauh dari prinsip walapun pada kenyataan nya supervisi yang dilakukan masih banyak menjadikan tertekanya para practitioner karena bukan membimbing tetapi lebih mencari kesalahan dan menekan practitioner untuk sesuai dengan apa yang kepala sekolah ataupun pengawas dan tidak adanya tindak lanjut kembali dari kepala sekolah atau pun pengawas.