Mohon tunggu...
KOMENTAR
Cerpen Pilihan

Cerpen: Vladimir Hansraj Balder

24 Juni 2021   07:18 Diperbarui: 1 Juli 2021   05:24 327 23
Cerpen: Vladimir Hansraj Balder

Hari ini akan kutulis lembar baru untuk sebuah perjalanan hidup. Aku merupakan seorang pangeran yang telah selesai menjalani penyamaran sebagai guru, apresiator, dan orang tak dikenal. Dari penyamaran tersebut, banyak pelajaran hidup yang kudapatkan.

Sebagai seorang guru, aku belajar menjadi teladan bagi orang lain. Setiap saat memberi motivasi dan kaidah bahwa hidup yang benar itu begini dan begitu. Hingga terkadang lupa diri, aku merasa paling suci dan bersih.

Keadaan lantas mengubahku menjadi apresiator. Aktivitasku terfokus pada mengamati dan memberikan penghargaan kepada orang lain. Namun, tidak berjalan lama, aku tersadar. Dengan keadaan seperti ini, aku bukan siapa-siapa dan tidak layak menjadi apresiator.

Di bulan Januari, aku memutuskan untuk menjadi orang tak dikenal. Inilah masa-masa paling menyakitkan. Aku melawan fitrah sebagai manusia. Mengendalikan ego tetapi gagal.

Sebenarnya, tujuan menjadi orang tak dikenal itu sungguh berat. Berhenti menulis dan berjalanlah di jalan yang sunyi. Namun, aku tidak bisa.

Akhirnya, aku memutuskan kembali ke istana dan menghentikan penyamaran. Ayah dan ibu menyambutku dengan suka cita. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun