Teori belajar behavioristik merupakan sebuah teori belajar yang lebih memprioritaskan pada perilaku seseorang yang diamati. Dalam kajian teori behavioristik, belajar merupakan suatu bentuk gabungan kesan yang dipahami oleh panca indra lebih cenderung dalam melakukan tindakan suatu penghubung antara stimulus dan respons. Teori ini merupakan sebuah aliran dari psikologi yang melihat sebuah individu yang lebih menekankan sisi fenomena jasmani serta merupakan suatu aspek psikis yakni kemampuan, minat, kecerdasan, dan kondisi hati individu dalam proses belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran bukan seolah-oleh dilaksanakan dengan melatih refleks akan tetapi lebih menjadi sebuah pola kebiasaan yang dapat dipahami suatu individu. Di dalam pandangan teori tersebut yang terpenting dalam belajar ialah input harus stimulus serta output ialah respons. Dimana cara ini akan terlaksana dimana respons dan stimulus yang tidak terlalu penting dalam memperhatikan karena tidak bisa diawasi serta tidak mampu diukur. Oleh sebab itu hal yang bisa dikasihkan oleh pendidik dan apa yang bisa diterima wajib mampu mengamati dan terukur.
KEMBALI KE ARTIKEL