Revolusi Industri 5.0 memerlukan pendidikan dengan pendekatan yang menerapkan pembelajaran efektif untuk meningkatkan keterampilan anak dalam mempersiapkan revolusi industri 5.0. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan yaitu melalui STEAM (Science, Technology, Enginering, Art and Mathematics). Tentunya dalam proses penerapannya dibutuhkan pendampingan dan bimbingan dari pendidik. Anak dilatih untuk berpikir kritis dalam menyikapi permasalahan, kemudian bersama-sama untuk mencari solusi. Dengan demikian untuk membantu anak dalam menyiapkan masa depan diperlukan bimbingan dan arahan orang-orang disekitarnya. Hal itu bertujuan agar anak terbiasa dalam menyikapi masalah dan mencari solusi sendiri, dengan belajar atas pengetahuan atau pengalaman yang mereka dapat sebelumnya. Pendekatan ini telah dilakukan disalah satu lembaga penggerak di Yogyakarta yaitu di TK Amal Insani Yogyakarta.
KEMBALI KE ARTIKEL