Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora

Di Kala Putus Asa (Bukan Putus Layangan)

27 Januari 2022   11:20 Diperbarui: 27 Januari 2022   11:23 142 4
Dalam Al Quran, Allah memberi motivasi untuk tidak putus asa dengan beberapa konteks. Diantaranya ada di ayat

{ }
[Surah Az-Zumar: 53]

Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhanya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Dan

{ }
[Surah Ysuf: 87]

Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir."
Di Surah Azzumar kalimat 'jangan putus asa' menggunakan kalimat
Di Surah Yusuf menggunakan kalimat

Di Surah Azzumar kata rahmat Allah menggunakan kata
Di Surah Yusuf menggunakan kata

Secara umum makna jangan putus asa dari dua kalimat yang difirmankan Allah dengan cara berbeda, adalah sama.
Hanya saja Allah ingin memberi pendekatan dengan sudut pandang luas ketika kita, hambaNya, berada di kondisi putus asa atau tak lagi ingin memiliki harapan.

Biasanya kita putus asa atau lelah berharap karena sesuatu yang kita harapkan tak juga kunjung terwujud atau bahkan terasa sangat mustahil terwujud. Bisa jadi karena waktu yang lama, karena kondisi yang berubah dan sebagainya.

Keadaan itu seperti kisah dalam surah Yusuf. Beberapa kali disebut (jangan putus asa). Yaitu jangan putus asa berharap akan cita-cita yang diharapkan.
Makna adalah rahmat, namun levelnya di bawah makna (rahmat). dinyatakan juga sebagai atau angin yang baik sebagai dan gambaran upaya untuk melepaskan kesusahan.
Gambaran adalah rahmat yang sangat diharapkan atau dirindukan atau dicita-citakan.
Seperti nabi Ya'qub yang merindukan untuk bisa bertemu kembali dengan nabi Yusuf, anaknya.
Kita pun bisa jadi punya harapan atau merindukan sesuatu yang begitu dalam dan sangat.

Namun pada kenyataannya, bisa jadi tak kunjung tiba ketika ruh kita masih di badan alias masih hidup. Karena taqdir Allah menyatakan bahwa itu belum yang terbaik untuk kita. Maka Allah mengimbangi dengan sudut pandang lain di surah Azzumar 53.
Kalimat adalah sebuah motivasi untuk tidak putus asa dengan tingkat perasaan putus asa yang lebih berat dibanding .

Karena itu pada awal ayat dikatakan

Wahai hambaKu yang melampaui batas

Secara umum seruan ini untuk orang kafir atau orang yang sesat. Namun secara khusus hambaNya yang beriman pun sering melakukan hal-hal yang melampaui batas hingga zalim pada diri sendiri dan orang lain.

Kondisi kita yang melampaui batas sering terjadi ketika harapan tak kunjung terwujud yaitu dalam bentuk hubungan kita dengan Allah mulai merenggang, semakin mudah kita melakukan keburukan hingga membenci ketentuan Allah bahkan membenciNya (aku berlindung kepada Allah dari hal demikian).
Di sini kita pun putus asa dengan mengatakan Allah tak menghiraukan doa kita, Allah tak mengampuni dosa kita lalu tak mengabulkan doa, Allah membenci kita, Allah menghinakan kita.

Karena itu, di ayat ini Allah menyebut dengan kata . Rahmat adalah kelembutan, kebaikan dan simpati. Maka arti rahmat Allah adalah semua kebaikan Allah kepada hambaNya. Semua, tanpa terkecuali.
Dan rahmat itu tidak hanya di dunia tapi juga di alam kubur hingga akhirat.

Secara sederhana, memaknai dua ayat ini, yaitu tetaplah berharap dan teruslah berharap. Apa pun itu harapan kita. Sebagai bentuk keyakinan bahwa Allah Maha Kuasa atas segala ketentuan. Walaupun entah di mana dan kapan harapan itu ada dan akan berwujud. Sungguh sejatinya, janjiNya akan dipenuhi. Apakah di dunia dan juga akhirat.
Tetaplah berharap.
Allah tak akan menyia-nyiakan harapan orang baik yang berbuat baik.

Allahu a'lam

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun