Selama melaksanakan kegiatan magang, mahasiswa dituntut agar selalu mematuhi protokol kesehatan yaitu mencuci tangan sebelum masuk area kantor, selalu menggunakan masker dan sedia handsanitizer. Perbedaan yang menonjol saat melaksanakan magang saat pandemi seperti ini adalah pembatasan pada tempat magang, para staff menerapkan WFH (Work from Home) 50% secara bergantian.
Selama saya magang disini, banyak pengalaman dan juga ilmu yang saya dapatkan, diantaranya adalah dapat berinteraksi langsung dengan banyak staff dan kepala perusahaan, mengetahui bagaimana struktur kepemimpinan, bagaimana menghadapi atasan, dll. Beberapa kegiatan magang yang saya lakukan yaitu membuat buku persediaan, menginput data pemakaian persediaan, dan membuat BAP Stock Opname, menginput kode dan mengelola data kategori sub kelompok pada barang persediaan melalui aplikasi SAKTI, menginput data dan melakukan rekapitulasi surat jalan masuk, membantu mempersiapkan berkas untuk keperluan audit oleh KAP dan BPK, dan masih banyak lagi.
Tak hanya itu, saya juga diajarkan tentang sosialisasi antar karyawan perusahaan. Seperti dengan para kepala divisi, kepala bagian, dan para karyawan lain dari bagian yang berbeda. Karena di waktu yang bersamaan, mereka juga sedang sibuk mempersiapkan kebutuhan untuk audit oleh Kantor Akuntan Publik.
Ilmu yang paling banyak di ajarkan di lapangan adalah ilmu sosial karena kebanyakan pekerjaan stuck karena adanya misscomunication antar karyawan bagian, penanggung jawab bagian, dan kepala bagian. Hal itu dapat menghambat proses berlangsungnya pekerjaan. Sebelum diminta melakukan berbagai hal, saya mendapatkan pengarahan yang baik dan para karyawan perusahaan dengan senang hati membantunya. Sehingga, saya mendapatkan relasi yang sangat berkesan, dengan background yang berbeda-beda. Maka dari itu, ilmu sosial di dalam lapangan sangatlah penting.
Kegiatan magang dimulai pada tanggal 2 Februari 2022 – 30 Juni 2022 dan dilaksanakan pada hari senin sampai dengan hari jumat pada pukul 07.30 WIB - 16.00 WIB. Kegiatan magang ini didampingi oleh Bapak Dr. Mokh. Adib Sultan, ST, MT selaku Dosen Program Studi Manajemen untuk memberikan pengawasan dan arahan selama kegiatan magang berlangsung.
Disana saya dibimbing oleh Bapak Agung Risnandi, S.Tr.Kom selaku Karyawan Bagian Umum di BBSPJIBBT. Menurut Beliau “Keberadaan mahasiswa magang selama 5 bulan ini sangat membantu pekerjaan. Mahasiswa melakukan aktivitas kerja selayaknya karyawan, sehingga mahasiswa benar-benar mengenal dunia kerja”