Psikologi kognitif memiliki dua konotasi, yakni dapat diartikan sama dengan istilah kognisi
(cognition), dan sebagai pendekatan kognitif (cognitive approach) dalam psikologi. Istilah
kognitif (cognitive) berasal dari kata cognitive atau knowing berarti konsep luas dan inklusi yang
mengacu pada kegiatan mental yang tampak dalam pemerolehan, organisasi/penataan dan
penggunaan pengetahuan. Teori kognitif meliputi kegiatan-kegiatan mental yang sadar seperti
berfikir, mengetahui, memahami, dan kegiatan konsepsi mental seperti: sikap, kepercayaan, dan
pengharapan, yang kemudian itu merupakan factor yang menentukan di dalam perilaku.
Teori belajar kognitif adalah salah satu teori belajar yang sangat berpengaruh dalam dunia
pendidikan dalam mendidik dan mengajar. Teori ini berbeda dan menentang teori behavioristik
yang memandang belajar sebagai kegiatan makanistik antara stimulus dan respon. Aliran kognitif
memandang belajar lebih dari sekedar melibatkan stimulus dan respon, tetapi juga melibatkan
kegiatan mental di dalam individu yang sedang belajar.